Daripada Ungkit Anggaran, DPRD Ajak Umat Makmurkan Masjid Al Jabbar

Kritik soal anggaran telah usang dan sudah clear

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) turut memberikan tanggapan usai ramainya kritik pembangunan Masjid Al Jabbar yang mencapai Rp1,2 triliun. Legislator menilai kritik anggaran ini telah usang.

Salah satu anggota komisi V DPRD Jabar, Abdul Hadi Wijaya alias Gus Ahad mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar adalah hasil kerja banyak pihak termasuk warga Jabar. Apa pun yang terjadi, kata dia, kini masjid telah berdiri dan sudah diresmikan.

"Seharusnya hari ini kita bicara bukan ke belakang tapi bagaimana memakmurkannya. Jadi kita harus memikirkan ke sana seperti (rencana) belanja-belanja, dan (nilai) pemeliharaannya berapa," ujar Gus Ahad, Sabtu (6/1/2023).

1. Masjid Raya Al Jabbar buah pemikiran bersama

Daripada Ungkit Anggaran, DPRD Ajak Umat Makmurkan Masjid Al JabbarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Masjid yang dirancang oleh Gubernur Jabar ini awalnya diusulkan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Setelah itu, dibahas bersama dewan serta stakeholder terkait kemudian disepakati, dan pembangunan dimulai dengan berbagai tahap.

"Jadi ini merupakan sebuah kesepakatan kalau berbicara politik kami di dewan dan orang-orang politik sudah memutuskan dan kemudian direalisasikan," ungkapnya.

Gus Ahad sendiri mengikuti semua proses Pembangunan Masjid Al Jabbar. Sebab, dia sudah duduk di kursi DPRD Jabar sejak 2013. Masjid raya milik Pemprov Jabar ini juga tidak murni dari usulan Ahmad Heryawan, melainkan juga berasal dari beberapa elemen masyarakat lainnya.

"DPRD kan lembaga menerima aspirasi, jadi kami dengarkan aspirasi dari semua masyarakat. Kami tanya, butuh gak ini, iya butuh karena selama ini kita nebeng Masjid Agung Bandung. Terus berada di tengah kota dan tidak bisa dikembangkan ke mana," katanya.

2. Fakta membuktikan Masjid Al Jabbar telah berdiri

Daripada Ungkit Anggaran, DPRD Ajak Umat Makmurkan Masjid Al JabbarPotret Masjid Al Jabbar (dok. Humas Jabar)

Soal anggaran untuk pembangunan masjid sendiri tidak mudah. Gus Ahad menjelaskan, ada beberapa diskusi panjang untuk mencapai kesepakatan-kesepakatan bersama.

"Kami masih ingat DPRD waktu itu menyetujui anggaran untuk masjid ini. Artinya ketika ada pengusulan juga pemprov tidak main-main, dan DPRD menyetujui juga bukan main-main karena angka besar sekali," katanya.

Selain itu, alokasi Rp1,2 triliun ini tidak langsung dicairkan seketika itu juga. Dia menambahkan, ada beberapa proses aturan lainnya yang harus ditempuh.

"Untuk sebuah masjid yang megah dan ada pembebasan tanah sekian hektar pasti ini akan besar sekali. Jadi kita hari ini punya fakta (masjid sudah berdiri) tolong jangan diskusi mundur karena percuma," kata dia.

3. Masyarakat jangan lagi ribut soal anggaran

Daripada Ungkit Anggaran, DPRD Ajak Umat Makmurkan Masjid Al JabbarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Maka itu, Gus Ahad meminta masyarakat tidak ramai soal anggaran masjid. Menurutnya, hal itu sudah selesai, masjid sudah berdiri dan kini tinggal memakmurkanya.

"Hari ini kita sudah tidak lagi diskusi ke belakang, itu sudah clear. Alhamdulillah masjidnya berdiri megah, tidak ada kasus yang memalukan, sudah diresmikan seluruh Indonesia bahkan dunia, menjadi masjid yang keren," ujarnya.

Baca Juga: Anggaran Masjid Al Jabbar Capai Rp1,2 Triliun, Ini Kata Aher

Baca Juga: Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya