Bocah Tenggelam di Masjid Al Jabbar, Bey Janji Tingkatkan Keamanan

Infrastruktur keamanan dipasang di sekitar danau

Bandung, IDN Times - Peristiwa bocah meninggal di komplek Masjid Al Jabbar kembali terjadi. Kali ini bocah perempuan berusia empat tahun terjatuh ke area kolam masjid pada Minggu (17/12/2023) kemarin.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyayangkan adanya peristiwa itu. Dia juga meminta agar kejadian serupa tak terulang lagi, dengan adanya manajemen yang lebih tertata di komplek Masjid Raya Al Jabbar.

"Pertama harus ada pengamanan. Tadi saya sudah lihat kolamnya, memang harus ada rambu-rambu yang jelas sampai di mana pengunjung boleh dan tidak boleh," ujar Bey, Kamis (21/12/2023).

1. Rambu larangan juga segera dipasang

Bocah Tenggelam di Masjid Al Jabbar, Bey Janji Tingkatkan KeamananPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain rambu yang harus dipasang lebih jelas, Bey menjelaskan, Pemprov Jabar nantinya akan meningkatkan infrastruktur keamanan Masjid Raya Al Jabbar. Adapun peningkatan infrastruktur ini seperti diberikan tambahan pagar antara kolam dengan masjid.

"Harusnya ada pengamanan lebih jelas untuk menahan, seperti kolam sebelahnya kan ada pagarnya, jadi nanti di sana juga akan dibangun pagar. Itu segera dibangun, semacam penahanan dan dipasang rambu-rambu tapi sekarang masih dipasang police line," ucapnya.

2. Pembangunan harus utamakan keamanan dibandingkan estetika

Bocah Tenggelam di Masjid Al Jabbar, Bey Janji Tingkatkan KeamananPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, peristiwa kecelakaan ini akan menjadi bahan evaluasi penting untuk Pemprov Jabar. Dia mengatakan, dalam pembangunan fasilitas umum paling penting yang harus dipikirkan adalah sisi keamanan bukan hanya estetika.

"Ini jadi evaluasi kami kalau membangun fasilitas umum baik alun-alun atau revitalisasi pasar harus tetap mengutamakan keselamatan masyarakat. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ini. Estetika itu nomor dua, nomor satu adalah keselamatan masyarakat," katanya.

3. Kecelakaan terjadi akhir pekan kemarin

Bocah Tenggelam di Masjid Al Jabbar, Bey Janji Tingkatkan KeamananIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono membenarkan bahwa telah terjadi peristiwa seorang bocah perempuan yang meninggal dunia akibat tercebur ke dalam kolam di Masjid Al Jabbar.

Namun, dia tidak merinci secara detail terkait penyebab korban bisa tercebur. Ia mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Ahad (17/12/2023) malam sekitar pukul 19.25 WIB, dan korban akhirnya meninggal dunia.

Baca Juga: Bey Machmudin Resmi Lantik Dedi Sopandi Sebagai Pj Bupati Majalengka

Baca Juga: Bey Machmudin Persilakan Buruh Gugat Keputusan UMK 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya