Bioskop Buka Selama Pandemik, Begini Kata Millennial Kota Bandung

Nonton bioskop tidak melulu bisa menaikkan imun tubuh

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung telah memberikan izin sembilan bioskop untuk buka di tengah pandemik COVID-19 sejak Jumat(9/10/2020), lalu. Keputusan itu dilakukan Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung dengan alasan mampu menaikan imun masyarakat di tengah kondisi penyebaran virus corona saat ini.

Kebijakan Pemkot Bandung ini menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Bahkan, sejak dibuka, kunjungan warga untuk menyaksikan film di bioskop tidak memberikan dampak signifikan.

Ketakutan terhadap penularan virus corona di bioskop juga dirasakan sejumlah millennial Kota Bandung. Mereka mengaku masih takut untuk mendatangi bioskop hanya sekadar menonton film. Menurut mereka, menonton bioskop tidak menjamin aman dari penyebaran virus corona (COVID-19).

Salah satu warga sekaligus millennial Kota Bandung, Tiara Dianti Ratna (20) mengatakan, meski bioskop sudah dibuka sejak Jumat (9/10/2020) hingga saat ini tempat hiburan ini dinilai masih belum dipastikan aman dari penyebaran virus corona.

1. Menonton film secara online dinilai lebih aman

Bioskop Buka Selama Pandemik, Begini Kata Millennial Kota BandungDokumen Pribadi

Ia menuturkan, selain belum aman terhadap penyebaran virus corona, kondisi bioskop yang berada di ruang tertutup membuat dirinya takut untuk menonton langsung film-film yang sedang tayang saat ini.

"Kalau nonton ada takutnya, sekarang juga banyak yang online, enggak harus datang langsung kalau keadaan pandemik seperti saat ini," ujar Tiara saat dihubungi, Selasa (13/10/2020).

2. Bahagia tidak harus datang ke bioskop saat pandemik

Bioskop Buka Selama Pandemik, Begini Kata Millennial Kota BandungIlustrasi Bioskop di Era New Normal (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Kemudian, Tiara menjelaskan, jika datang ke bioskop dinilai bisa menaikkan imunitas tubuh selama pandemik corona, menurutnya hal tersebut tidak bisa dipastikan. Sebab, kebahagiaan bisa dicari melalui beberapa hal lain.

"Bahagia gak harus datang ke bioskop, bahagia bisa pake dengerin musik nonton film online dan olahraga," katanya.

3. Menonton bioskop bisa diganti dengan olahraga di rumah

Bioskop Buka Selama Pandemik, Begini Kata Millennial Kota BandungIlustrasi Bioskop di era New Normal (ANTARA FOTO/REUTERS /Jorge Silva)

Selain Tiara, millennial Bandung lainnya, Nadia Fauziah Pratama (22) mengatakan, kondisi pandemik seperti saat ini yang terbaik adalah tetap diam di rumah. Ia juga mengaku tidak berminat menonton bioskop langsung lantaran takut terpapar virus corona.

"Tidak berani nonton langsung bioskop, toh di rumah juga banyak kegiatan yang bisa menaikkan imunitas tubuh, takut ke bioskop juga," katanya.

4. Disbudpar sebut menonton bioskop bisa menaikan imunitas tubuh

Bioskop Buka Selama Pandemik, Begini Kata Millennial Kota BandungIlustrasi Bioskop (IDN Times/Besse Fadhilah)

Seperti diketahui, sembilan bioskop di Kota Bandung dibuka sejak Jumat (9/10/2020). Kepala Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, relaksasi bioskop dilakukan dengan alasan dapat membuat bahagia warga di tengah pandemik virus corona.

Ia menuturkan, berlandaskan keterangan para ahli, pembukaan bioskop juga dapat mendukung kesehatan jiwa dan mental masyarakat di tengah kondisi seperti saat ini. Selain itu, angka reproduksi COVID-19 di Kota Bandung juga belum di angka satu.

"Seseorang yang bahagia itu daya imun nya bisa meningkat. Kota Bandung tidak hanya berupaya meningkatkan pengendalian terhadap penularan Covid, tapi juga berusaha menciptakan kebahagiaan non-fisik bagi warganya. Intinya sih itu," ungkapnya.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung: Imunitas Tubuh Naik Enggak Harus Nonton Bioskop

Baca Juga: Buka Saat Pandemik COVID-19, Bioskop Kota Bandung Sepi Pengunjung 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya