BIJB Kertajati Beroperasi, Pasar Baru Bandung Bidik Wisatawan Asing

Pengoperasian BIJB bangkitkan kunjungan wisatawan asing

Bandung, IDN Times - Rencana pengoperasian kembali Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada Oktober 2023 turut disambut positif para pelaku industri pariwisata. Pengoperasian ini diharapkan membangkitkan kunjungan wisatawan asing di Jawa Barat.

Akses jalan dari BIJB Kertajati sendiri kini sudah dimudahkan dengan adanya Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau disingkat dengan Tol Cisumdawu. Wisatawan nantinya bisa dengan mudah untuk travelling di beberapa tempat di Jawa Barat, salah satunya Kota Bandung.

1. Pengoperasian BIJB Kertajati jadi kabar baik

BIJB Kertajati Beroperasi, Pasar Baru Bandung Bidik Wisatawan Asinghttp://danboteacher.blogspot.com

PT. DAM Sawarga Maniloka Jaya selalu Pengelola Pasar Baru Trade Center Bandung turut menyambut baik kabar pengoperasian penuh BIJB Kertajati. Wisatawan asing diharapkan dapat kembali mengunjungi pasar kebanggaan Jawa Barat ini.

Pengoperasian BIJB juga nantinya akan turut mendatangkan wisatawan dari Malaysia. Dimana Pasar Baru Trade Center Bandung paling banyak dikunjungi oleh warga negeri jiran tersebut.

"Rencana pembukaan kembali rute penerbangan Malaysia - Bandara Kertajati menjadi kabar baik buat kami. Dengan adanya penerbangan langsung tersebut, harapan kami tingkat kunjungan wisatawan ke Pasar Baru Trade Center kembali meningkat," kata Direktur Operasional PT. DAM Sawarga Maniloka Jaya, Irwin Tan, Selasa (12/9/2023).

2. Kunjungan wisatawan Malaysia paling banyak

BIJB Kertajati Beroperasi, Pasar Baru Bandung Bidik Wisatawan AsingDebbie Sutrisno/IDN Times

Irwin Tan menjelaskan, pengunjung Pasar Baru Trade Center Bandung paling banyak dari Malaysia dan Timur Tengah. Sehingga dibukanya kembali BIJB Kertajati sekaligus momentum membangkitkan kunjungan asing yang sempat sepi saat pandemik beberapa tahun kemarin.

"Wisata belanja sebelum COVID-19 memang paling banyak dari Malaysia dan pasar baru merupakan paling banyak penjual tekstil dan ini ritel kategori turis Malaysia," katanya.

Irwin menambahkan, demi menyambut kedatangan wisatawan asing, beberapa persiapan telah disiapkan, salah satunya fasilitas yang meningkatkan kenyamanan pengunjung dalam berbelanja.

"Selain itu, juga fasilitas yang lebih lengkap di Pasar Baru Trade Center Bandung, tanpa mengurangi nilai historis yang sudah sangat melekat kepada citra gedung tersebut," kata dia.

3. Persiapan untuk menyambut wisatawan tengah dilakukan

BIJB Kertajati Beroperasi, Pasar Baru Bandung Bidik Wisatawan AsingPengelola Pasar Baru Trade Center Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, Direktur Marketing dan Pengembangan Bisnis, Pasar Baru Trade Center Bandung, Untung BW mengatakan, beberapa promosi juga kini tengah dilakukan untuk menyambut kembali kedatangan para wisatawan asing.

"Selama bulan September ini, kami sedang melakukan pemasangan 10 titik promosi yang berada di sekitar kota Bandung serta 65 titik promosi dalam rangka 213 tahun Kota Bandung, adapun program kerjasama dengan pihak pelaku pariwisata juga tetap berjalan," jelas Untung.

Untuk diketahui, Pasar Baru Trade Center Bandung selama ini menyediakan berbagai komoditi tekstil dan makanan serta beberapa produk lainnya. Memiliki lebih dari 2.000 Tenant dengan 12 lantai yang semua berfungsi baik.

Basement 2: Makanan, Minuman, Pasar Tradisional, P&D

Basement 1: Pasar Tradisional, Seragam Sekolah, Busana Muslim, Oleh-oleh Haji, Pakaian Jadi, Aksesoris, Souvenir

Dasar 1 : Perlengkapan Pernikahan, Perlengkapan Bayi, Pusat Oleh-oleh, Busana Muslim, Pakaian Jadi, Aksesoris, Kosmetik, Seragam

Dasar 2: Pakaian Jadi, Jam Tangan, Pusat Batik, Pusat Tas, Dompet, Sepatu

Lantai 1: Perlengkapan Sholat, Baju Koko, Bed Cover, Handuk, Selimut, Tekstil, Karpet, Batik

Lantai 2: Perhiasan Emas, Pusat Tekstil, Salon Mobil, Aksesoris, Gordyn

Lantai 3 : Perlengkapan Bayi, Busana Muslim, Pakaian Jadi, Batik

Lantai 4: Busana Muslim, Oleh-oleh Haji & Umroh, ATM Center

Lantai 5: Klinik Kecantikan, Busana Muslim, Koper, Tas

Lantai 6: Area Bermain Anak, Foodcourt, Sepatu, Tas

Lantai 7: Area Parkir

Lantai 8 : Perlengkapan Toko, Masjid, Area Parkir.

Baca Juga: Pesawat Delagasi KTT ASEAN dari Kanada Parkir di BIJB Kertajati

Baca Juga: BIJB Kertajati Layani Kembali Penerbangan Reguler per Oktober 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya