Bey Sudah Kantongi Surat Usulan Pergantian Nama Bandara BIJB Kertajati

Nama BIJB Kertajati akan diganti dengan Abdul Chalim

Bandung, IDN Times - Pergantian nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menajdi tokoh asal Majalengka, Abdul Chalim, terus berprogres. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin juga sudah mengantongi surat usulan itu.

Meski surat sudah diterima, Bey Machmudin mengatakan, masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar nama tokoh salah satu pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama, itu disematkan menjadi nama bandara.

"Baru terima usulan, kami proses nanti seperti apa. Karena kami juga harus ada surat dari DPRD segala macam. Memang usulannya sudah diterima kemarin," ujar Bey di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (5/12/2023).

1. Usualan baru dari keluarga Abdul Chalim dan tokoh masyarakat

Bey Sudah Kantongi Surat Usulan Pergantian Nama Bandara BIJB KertajatiPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey memastikan, usulan yang diterima Pemprov Jawa Barat baru dari tokoh di Majalengka serta dari keluarga mendiang Abdul Chalim. Namun, surat usulan menurutnya harus tetap dari legislator, yaitu DPRD Jawa Barat.

"Kemarin sih dari keluarga dan tokoh-tokoh di Majalengka pas ke Sarah Sechan terkait tokoh nasional. Kami akan proses tapi pertama dari DPRD juga harus ada dukungan," katanya.

2. Abdul Chalim merupakan tokoh nasional asal Majalengka

Bey Sudah Kantongi Surat Usulan Pergantian Nama Bandara BIJB KertajatiPergunu.or.id/ KH. Abdul Chalim Leuwimunding

Sebelumnya, Bey mengatakan, pergantian nama BIJB Kertajati menjadi Bandara Abdul Chalim bisa dilakukan. Akan tetapi, hal itu harus merupakan usulan dari kelompok masyarakat melalui lembaga legislatif.

"Kalo ada usulan nanti kami proses. Tapi kan harus ada usulan. Kalo perlu nanti kami tunggu," ujar Bey di Gedung Sate, Sabtu (11/11/2023).

Abdul Chalim sendiri mendapat gelar sebagai tokoh pahlawan nasional bersama dengan beberapa nama lainnya yang turut diusulkan ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah (Abdul Chalim) ditetapkan masuk jadi satu di antara enam pahlawan nasional yang akan ditetapkan pada tanggal 10 November," kata Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jawa Barat, Reiza D. Dienaputra saat dikonfirmasi, Rabu (8/11/2023).

3. Abdul Chalim resmi jadi tokoh nasional bersama lima nama lainnya

Bey Sudah Kantongi Surat Usulan Pergantian Nama Bandara BIJB KertajatiDokumen keluarga/ KH. Abdul Chalim Leuwimunding

Dia menjelaskan, sosok Abdul Chalim sendiri merupakan ulama dari tatar Sunda yang jarang masyarakat mengetahui sejarah perjalanan ulama asal Majalengka itu. Adapun namanya ditetapkan sebagai pahlawan nasional bersama lima tokoh lainnya dari Indonesia.

"Jadi beliau itu adalah tokoh pendiri NU dan satu-satunya ulama yang berhasil di tatar Sunda yang mendirikan Nahdlatul Ulama dan tidak banyak orang yang tahu itu. Jadi akhirnya ditetapkan dia bersama dengan lima pahlawan nasional dari provinsi lainnya," katanya.

Adapun enam tokoh pahlawan nasional yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 2023 ini yaitu:

1. Almarhum Ida Dewi Agung Jambe, Bali
2. Almarhum Bataha Santiago, Sulawesi Utara
3. Almarhum M Tabrani, Jawa Timur
4. Almarhum Ratu Kalinyamat, Jawa Tengah
5. Almarhum KH Abdul Chalim, Jawa Barat
6. Almarhum KH Ahmad Hanafiah, Lampung

Baca Juga: Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam

Baca Juga: Singapura akan Jadi Rute Baru Penerbangan Internasional BIJB Kertajati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya