Bey Minta BIJB Segera Buka Rute Penerbangan Kertajati-Surabaya

Surabaya merupakan gerbang Indonesia Timur

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin menginginkan adanya rute penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati, Majalengka bertambah. Paling utama adalah tambahan rute ke Surabaya.

Bey Machmudin mengatakan, rute baru dari dan ke Kertajati dibutuhkan agar penerbangan di bandara internasional tersebut makin ramai dan optimal. Sebab saat ini bandara sudah beroperasi secara penuh.

"Intinya adalah kita inginkan ada penambahan rute misalnya ke Surabaya kami inginkan ada penambahan," katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (19/12/2023).

1. Surabaya bisa menghubungkan penumpang ke Manado dan Makassar

Bey Minta BIJB Segera Buka Rute Penerbangan Kertajati-Surabaya(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, rute Surabaya penting dibuka di BIJB Kertajati. Hal ini dikarenakan bisa membuka peluang calon penumpang untuk bisa terbang ke wilayah Timur Indonesia. Surabaya sendiri disebutkannya sebagai gerbang Indonesia Timur.

"Karena Surabaya itu bisa menjadi hub ke Indonesia Timur ya ke Makassar, Manado dan juga ke Papua. Jadi mudah-mudahan dengan adanya ke Surabaya akan menambah lagi penumpang yang berangkat dari dan ke Kertajati," katanya.

2. Bali masih menjadi primadona di BIJB Kertajati

Bey Minta BIJB Segera Buka Rute Penerbangan Kertajati-SurabayaPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, BIJB Kertajati menyatakan, penerbangan Bali masih menjadi primadona. Meski tujuh rute penerbangan dilayani yaitu Denpasar, Kualanamu, Batam, Balikpapan, Medan, Makassar, dan Kualalumpur, namun minat masyarakat terbang dari Kertajati masih tinggi ke Pulau Dewata.

Catatan operator Bandara Kertajati, penerbangan ke Bali masih mendominasi separuh lebih dari penerbangan atau 54% disusul penerbangan ke Medan sebanyak 19% dan Balikpapan 15%.

3. Penumpang BIJB Kertajati meningkat sejak awal dibuka

Bey Minta BIJB Segera Buka Rute Penerbangan Kertajati-SurabayaInin Nastain (IDN Times)/ pintu gerbang masuk BIJB

Executive General Manager Bandara Nuril Huda mengatakan, ada 37.000 penumpang dari 29 Oktober hingga 20 November 2023 lalu terbang dari Kertajati.

Nuril mengatakan angka ini cukup positif karena untuk tahun pertama reaktivasi pihaknya menargetkan 1,6 juta penumpang terbang dari Kertajati.

Baca Juga: Bey Machmudin Persilakan Buruh Gugat Keputusan UMK 2024

Baca Juga: Serikat Buruh Gugat Keputusan UMK 2024 oleh Bey Machmudin ke PTUN

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya