85 Bus Trans Metro Pasundan Mengaspal di Wilayah Bandung Raya

Bus akan melayani lima koridor di Bandung Raya

Bandung, IDN Times - Sebanyak 85 bus Trans Metro Pasundan mulai mengaspal di Bandung Raya. Bus ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dikhususkan beroperasi di wilayah Bandung Raya.

85 bus ini akan melayani lima koridor. Pertama Leuwipanjang-Soreang, koridor dua Kota Baru Parahyangan-Alun Alun Bandung, koridor tiga Baleendah-BEC, koridor empat Leuwipanjang-Dago dan koridor lima Dipatiukur-Jatinangor via Tol.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdat) mengatakan, moda trasportasi massal merupakan salah satu indikator untuk sebuah kota moderen dan kota sebuah kota maju.

"Kemudian masyarakat dan kelompok menengah atas-nya juga menggunakan itu semua (transportasi massal), pada prinsipnya angkutan massal ini adalah satu solusi bagi sebuah kota yang mereduksi kemacetan yang ada di kota," ujar Budi, Senin (27/12/2021).

1. Trans Metro Pasundan diharapkan mengubah gaya berkendara masyarakat

85 Bus Trans Metro Pasundan Mengaspal di Wilayah Bandung RayaIstimewa

Selain itu, Budi bilang, moda trasportasi massal juga merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk perbaiki ekosistem lingkungan yang semakin ramah dan untuk mengurangi polusi udara yang kini sudah semakin berat.

Dengan hadirnya Trans Metro Pasundan Budi berharap, masyarakat bisa perlahan merubah pola gaya berkendara untuk sehari-hari.

"Kemampuan ekonomi masyarakat kita, dan potensi untuk membeli kendaraan itu tinggi sekali. Karena ada budaya di kita masyarakat kalau keluar rumah menggunakan sepeda motor menggunakan mobil dan tidak mau jalan kaki dikit menggunakan kendaraan umum," ucapnya.

2. Kemenhub mendapatkan bantuannya Rp50 miliar dari Bank Dunia

85 Bus Trans Metro Pasundan Mengaspal di Wilayah Bandung Rayahttps://www.ligaolahraga.com/bola/

Dikatakannya, Kemenhub juga nantinya akan mempersiapkan sejumlah sarana penunjang lainnya untuk kebutuhan Trans Metro Pasundan. Adapun Kemenhub mendapatkan bantuan dari Bank Dunia sebesar Rp50 miliar.

"Saya katakan lagi ke depan kami punya Detail Engineering Design (DED) yang dari bantuan bank dunia Rp50 miliar untuk kota besar Indonesia, Bandung dan juga Makassar dan harapan kami DED cepet selesai akhir tahun 2022 atau awal 2023 kontruksi mulai," katanya.

3. DED tengah dilakukan untuk memaksimalkan operasional bus

85 Bus Trans Metro Pasundan Mengaspal di Wilayah Bandung RayaIDN Times/Irfan Fathurohman

Beberapa yang akan dibangun yaitu, sarana prasarana selter, perbaiki infrastruktur, kemudian pedestrian di wilayah shelter juga akan dibangun dan masuk dalam perencanaan.

"Saya mengajak semua masyarakat, kalau Kota Bandung nyaman enak dan reduksi kemacetan yang ada jadi gunakan lah angkutan Metro Pasundan yang sudah diresmikan," kata dia.

4. Pemprov Jabar sambut baik bantuan Kemenhub

85 Bus Trans Metro Pasundan Mengaspal di Wilayah Bandung RayaIDN Times/Humas Jabar

Di tempat sama, Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Provinsi Jabar menyambut baik adanya bantuan ini. Menurutnya, Trans Metro Pasundan bisa turut membantu menangani kemacetan di Bandung Raya.

"Lahirnya bus ini bisa mengurangi kemacetan polusi udara dan mengurangi beban hidup masyarakat karena biaya murah dan mudah, harapan kami masyarakat harua memanfaatkan bus ini," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Diminta Bikin Aturan Turunan Perda Pesantren

Baca Juga: Pemprov Jabar Akan Pangkas Pejabat ASN Eselon IV Awal Januari 2022

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya