6,5 Juta Orang Diprediksi Masuk Jabar Saat Libur Nataru 2023

Banyak orang masuk ke Jabar tidak menggunakan kendaraan umum

Bandung, IDN Times - Sebanyak 6,5 juta orang diprediksi akan masuk wilayah Jawa Barat (Jabar) saat libur Natal dan tahun baru 2023. Dari jutaan orang ini, kebanyakan datang menggunakan kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara mengatakan, dari data prediksi yang diterima ada kendaraan non-Jabodetabek dan Jabodetabek yang masuk dan ke luar wilayah Jabar saat libur Nataru 2023.

"Total orang masuk Jabodetabek 4,7 orang. Jabar non Jabodetabek 6,5 juta orang. Sedangkan yang keluar Keluar Jabodetabek 7,1 juta orang. Jabar non Jabodetabek 4,4 juta orang," ujar Koswara di Kantor Dishub Jabar, Bandung, Rabu (21/12/2022).

1. Sepeda motor diprediksi paling banyak digunakan

6,5 Juta Orang Diprediksi Masuk Jabar Saat Libur Nataru 2023Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Dishub Jabar juga memprediksi akan ada banyak masyarakat yang datang ke Jabar menggunakan kendaraan roda dua dibandingkan dengan angkutan umum atau kendaraan roda empat milik pribadi.

"Moda transportrasi sepeda motor 52 persen, mobil pribadi 36 persen, angkutan umum 12 persen," ungkapanya.

2. Rata-rata tujuan pendatang adalah berwisata

6,5 Juta Orang Diprediksi Masuk Jabar Saat Libur Nataru 2023Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, A. Koswara (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jutaan orang masuk ke Jabar saat libur Nataru 2023 dengan beberapa alasan. Seperti, memanfaatkan waktu libur Natal dan tahun baru, perayaan natal dan pulang kampung, serta ada beberapa alasan lainnya. Namun, total 72,8 persen adalah liburan.

"Memanfaatkan waktu untuk pulang kampung ada 36,40 persen, manfaatkan waktu libur untuk berwisata 36,36 persen, merayakan Natal tahun baru di kampung halaman 19,22 persen, tugas pekerjaan 4,13 persen, ada acara keluarga 2,21 persen," katanya.

3. Disparbud juga prediksi ada peningkatan wisatawan saat Libur Nataru 2023

6,5 Juta Orang Diprediksi Masuk Jabar Saat Libur Nataru 2023IDN Times/Istimewa

Pandangan ini juga sesuai dengan pernyataan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang memprediksi wisatawan yang datang ke Pangandaran bakal membludak saat libur Nataru 2023.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, prediksi melebihi kapasitas ini berdasarkan beberapa hal. Bahkan, bisa lebih besar dibandingkan perayaan Idul Fitri 2022.

"Untuk kapasitasnya nanti dicek dulu, tapi ini (kunjungan wisatawan ke Pangandaran) akan melebihi kapasitas, dan akan lebih besar dari Hari Raya idul Fitri kemarin. Bisa mencapai 150 persenan dari kapasitas yang ada," ujarnya Benny saat di konfirmasi, Jum'at (16/12/2022).

Benny menjelaskan, secara umum wisatawan akan datang ke objek wisata yang ada di Pangandaran. Namun, wilayah Bogor Raya, Bandung Raya juga diprediksi akan mengalami peningkatan wisatawan.

"Kami sudah rapat koordinasi berkaitan dengan titik-titik wisatawan yang ada di Bandung raya, Bogor Raya, terutama di kawasan Lembang, Ciwidey, dan Puncak, karena dikhawatirkan akan membeludak sangat luar biasa (kunjungan wisatawan)," ungkapnya

Baca Juga: Satpol PP Jabar Mulai Siapkan Pengamanan Jelang Nataru 2023

Baca Juga: Pemprov Jabar Pastikan Stok Pangan Nataru 2023 Surplus

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya