Satpol PP Jabar Mulai Siapkan Pengamanan Jelang Nataru 2023

Pengawasan akan dilakukan di wilayah perkotaan

Bandung, IDN Times - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mulai mempersiapkan personel jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) 2023. Pengamanan nantinya akan dilakukan di beberapa titik objek wisata.

Kepala Satpol PP Jabar, Ade Afriandi mengatakan, penyiapan personel sendiri dilakukan agar para wisatawan aman dan nyaman saat berlibur di wilayah Jabar saat Natal dan tahun baru.

"Sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada di lingkungan Satpol PP, kita tetap akan melaksanakan patroli pengamanan terutama di lingkungan aset Pemprov," ujar Ade saat dikonfirmasi, Sabtu (16/12/2022).

1. Akan ada koordinasi dengan kepolisian

Satpol PP Jabar Mulai Siapkan Pengamanan Jelang Nataru 2023Ilustrasi. Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2019 Pengamanan Nataru. IDN Times/ Istimewa

Pengawasan juga akan dilakukan bersama dengan pihak kepolisian. Artinya, Satpol PP tidak bergerak sendiri dalam melakukan pengamanan, melainkan ada kolaborasi bersama dengan jajaran aparat.

"Yang kedua kaitan dengan kantibum (keamanan dan ketertiban umum), tentunya kami nanti tetap di bawah koordinasi kepolisian terkait dengan pengamanan libur Nataru," ucapnya. 

2. Pengawasan PPKM juga akan dilakukan

Satpol PP Jabar Mulai Siapkan Pengamanan Jelang Nataru 2023ANTARA FOTO/Reno Esnir

Satpol PP Jabar juga akan menegakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal itu mesti dilakukan, mengingat kondisi PPKM masih diterapkan di 27 kabupaten dan kota yang ada di Jabar.

"Walaupun sudah di level 1, kami tetap akan melakukan pengawasan patroli PPKM terutama di aglomerasi Bandung Raya, karena setiap tahun selalu menjadi magnet masyarakat untuk berkumpul," jelasnya.

3. Akan melibatkan personel kabupaten dan kota

Satpol PP Jabar Mulai Siapkan Pengamanan Jelang Nataru 2023Ilustrasi Satpol PP (Antara Foto/Basri Marzuki)

Dengan jumlah personel yang terbatas, Satpol PP Jabar tetap akan mengerahkan semua kemampuannya untuk menjaga keamanan libur Natal dan tahun baru 2023. Mereka memastikan objek wisata di perkotaan akan dijaga ketat.

"Tapi tentunya nanti kami akan melibatkan Satpol PP yang ada di kabupaten kota, baik di Aglomerasi Bandung Raya contohnya seperti satpol PP Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kota Cimahi, maupun Sumedang," kata dia.

Baca Juga: Satpol PP Bersitegang dengan Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1  Depok

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya