280 Anggota NII KW9 dan 7 di Al-Zaytun Sudah Kembali ke NKRI

Kesbangpol menduga masih banyak anggota yang belum tobat

Bandung, IDN Times - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat mencatat, ada sebanyak 280 pengikut Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9 dan 7 di pondok pesantren (Ponpes) Al-Zaytun telah kembali pada NKRI.

Kepala Kesbangpol Jabar Iip Hidajat mengatakan, ratusan anggota NII KW9 dan 7 ini sudah mencabut baik dan mengucap janji setia pada NKRI di hadapan Gubernur Jawa Barat dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

"Oleh Pak Gubernur kan waktu itu 31 orang. Kemudian ditindaklanjuti oleh Kodam Siliwangi di hadapan KSAD kemarin (249). Tapi ada potensi bisa nambah lagi," ujar Iip, Selasa (19/9/2023).

1. Kesbangpol prediksi jumlah ini akan terus bertambah

280 Anggota NII KW9 dan 7 di Al-Zaytun Sudah Kembali ke NKRIMasjid Al-Zaytun (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Iip menjelaskan, Pemprov Jabar saat ini masih terus berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk mengajak anggota NII lainnya di Ponpes Al-Zaytun agar mencabut baiat. Dia memastikan, setelah kasus pimpinan Al-Zaytun, Panji Gumilang rampung akan ada yang turut menyerahkan diri.

Panji Gumilang sendiri kini ditetapkan sebagai tersangka kasus penistan agama. Proses hukum Panji Gumilang masih berjalan dan belum memasuki masa persidangan.

"Kemungkinan setelah putusan (Panji Gumilang) nanti, kan nanti ada proses pembinaan pendidikannya, mitigasinya oleh Kemenag. Tugas kita di pemerintah daerah menjaga kondusifitas," kata Iip.

2. Anggota NII di Ponpes Al-Zaytun masih ada

280 Anggota NII KW9 dan 7 di Al-Zaytun Sudah Kembali ke NKRIMasjid Al-Zaytun (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

NII KW9 dan 7 di Ponpes Al-Zaytun tergolong banyak. Bahkan, Iip mengatakan, berdasarkan pengakuan dari anggota yang telah mencabut baiat, NII di Al-Zaytun bisa mencapai ribuan. Namun, Iip memastikan hal itu harus dikonfirmasi terlebih dahulu.

"Kemungkinan (jumlah antek NII) itu ribuan, tapi harus dikonfirmasi lagi. Apakah mereka semuanya di Jabar atau ada di luar seperti Banten sampai ke DKI," katanya.

3. Data pasti total NII di Al-Zaytun masih dikoordinasikan

280 Anggota NII KW9 dan 7 di Al-Zaytun Sudah Kembali ke NKRIPemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang saat wawancara khusus dengan IDN Times pada Senin (10/7/2023). (IDN Times/Fauzan)

Iip menambahkan, seluruh informasi anggota NII KW9 dan 7 yang masih ada di Al-Zaytun masih dalam tahap penyelidikan. Data ini dikatakannya akan dikoordinasikan dengan pemangku kebijakan terkait.

"Sedang didata sama Kodam melalui Danramil dan Babinsa-nya supaya pendatannya lebih cepet," kata dia.

Baca Juga: Kasabangpol Jabar Pastikan 31 Orang Anggota NII di Al-Zaytun

Baca Juga: Ridwan Kamil Bersihkan Antek NII di Ponpes Al-Zaytun

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya