Kasabangpol Jabar Pastikan 31 Orang Anggota NII di Al-Zaytun

31 orang ini sudah berikrar setia pada NKRI

Bandung, IDN Times - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat mengungkap adanya 31 anggota kelompok Negara Islam Indonesia (NII) Komendemen Wilayah (KW) 9 dan 7 di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu.

Kepala Badan Kesbangpol Jabar Iip Hidajat mengatakan, 31 anggota NII KW9 dan 7 ini sudah mencabut baiat dan mengucap janji setia ke negara. Adapun pencabutan bait ini berlangsung di Gedung Sate, Bandung pada Minggu (27/8/2023) kemarin.

Adanya anggota NII ini terungkap setelah pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri.

"Ini kan setelah kejadian Al-Zaytun setelah Panji Gumilang sudah ditetapkan tersangka, ini ada beberapa komponen masyarakat yang sampai ke kami (datang), intinya bahwa mereka di NII tapi gak aktif, ada yang aktif juga, macam-macam," ujar Iip saat dihubungi, Senin (28/8/2023).

 

1. Pemprov Jabar berkoordinasi dengan BNPT dan BIN

Kasabangpol Jabar Pastikan 31 Orang Anggota NII di Al-ZaytunMasjid Al-Zaytun (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Iip menjelaskan, sebelum mengungkap adanya anggota NII itu, Pemprov Jabar terlebih dahulu berkoordinasi dengan instansi terkait. Adapun penindakan juga dilakukan setelah banyaknya laporan dari masyarakat yang masuk ke Kesbangpol Jawa Barat.

"Dari 31 orang itu kami dalami, kami dengan BNPT dan BIN, sampai waktunya kami lapor ke gubernur, beliau minta untuk segera, yang sudah siap agar kembali ke NKRI. Maka kemarin diadakan ikrar janji ke NKRI," ungkapnya.

2. 31 anggota ini mengemban jabatan penting di NII

Kasabangpol Jabar Pastikan 31 Orang Anggota NII di Al-ZaytunKepala Badan Kesbangpol Jabar, Iip Hidajat (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebanyak 31 orang yang terafiliasi NII itu, dipastikannya, merupakan seorang penjabat di KW9 dan 7. Dalam NII sendiri diterangkanya organisasi yang dibentuk seseolah seperti negara. Di dalamnya ada kepala dinas hingga beberapa jabatan lainnya.

"Dari 31 orang ini, memang macam-macam ya, kesannya banyak para pejabat pemerintahan versi mereka. Ada wakil gubenur, versi mereka ya, ada kepala dinas, ada camat, macam-macam lah. Itu semua sedang diinventarisasi," katanya.

3. Pemprov Jabar masih melakukan pendataan

Kasabangpol Jabar Pastikan 31 Orang Anggota NII di Al-ZaytunMantan anggota jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Dharmasraya, mengenakan pita merah putih sebelum mengikuti prosesi pencabutan massal Ba’iat dan mengikuti pengucapan sumpah setia kepada NKRI. IDN Times/Andri NH

Meski demikian, 31 orang NII itu sudah bertaubat dan berikrar setia pada NKRI. Saat ini Pemprov Jabar juga masih melakukan pendataan di Ponoes Al-Zaytun. Sebab, masih ada beberapa yang belum mengakui terafiliasi dengan NII.

"Dari informasi yang kami terima kemarin, ada dialog kan, kata mereka banyak. Nah banyak itu kan kami harus berdasarkan data ya. Kita gak tahu mana yang NII mana yang bukan, harus berdasarkan pengakuan," katanya.

Baca Juga: Eks Anggota NII: Khilafatul Muslimin Gerakan Baru NII Masa Kini

Baca Juga: NII Disebut Jadi Penyumbang Dana Terbesar Ponpes Al Zaytun

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya