Ridwan Kamil Bersihkan Antek NII di Ponpes Al-Zaytun

Pejabat NII KW9 dan 7 masih ada di Ponoes Al-Zaytun

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil bakal membersihkan antek-antek kelompok Negara Islam Indonesia (NII) Komendemen Wilayah (KW) 9 dan 7 di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu.

Emil mengatakan, anggota NII KW9 dan tujuh dipastikan masih ada di Al-Zaytun. Pemprov Jabar sendiri kini sudah mencabut bait 31 anggota organisasi terlarang ini dengan menggelar upacara ikrar setia pada NKRI.

"Kemarin sekitar 31 pejabat struktural NII sudah insyaf melakukan komitmen kembali setia ke NKRI. Memang NII masih nyata dalam versi mereka," ujar Emil di Gedung Sate, Senin (28/8/2023).

 

1. Akan ada ikrar pada NKRI jilid II dari anggota NII Al-Zaytun

Ridwan Kamil Bersihkan Antek NII di Ponpes Al-ZaytunGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menjelaskan, pola kerja NII KW9 dan 7 di Al-Zaytun yaitu turut melakukan pengumpulan dana. Sehingga sangat wajar jika Al-Zaytun memiliki anggaran hingga belasan triliun dan asetnya tersebar dimana-mana.

Emil memastikan, beberapa orang lagi akan segera mengikrarkan setia pada NKRI. Sebab dirinya sudah mengunggah kontak center agar anggota NII kembali dalam pelukan ibu pertiwi.

"Mereka menyesali dan mereka akan mengajak struktur lainnya untuk melakukan hal yang sama. Dan Setelah saya posting dengan nomor yang tertera, ada sekitar 15 orang mengontak nomor telepon yang menyatakan ingin Kembali ke NKRI dan meminta perlindungan," katanya.

2. Anggota NII di Al-Zaytun masih banyak

Ridwan Kamil Bersihkan Antek NII di Ponpes Al-ZaytunGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menambahkan, Pemprov Jabar sendiri berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui BIN dan BNPT. Untuk total data pasti, Emil mengaku belum mengetahui secara menyeluruh. Namun dipastikannya masih ada anggota NII di Al-Zaytun.

"Jadi kita monitor saja secara khusus melalui BIN BNPT dan Kesbangpol. Masih banyak Menurut versi mereka, saya tidak hapal datanya," ucapnya.

3. Sebanyak 31 anggota NII di Al-Zaytun sudah kembali ke NKRI

Ridwan Kamil Bersihkan Antek NII di Ponpes Al-ZaytunPemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang saat wawancara khusus dengan IDN Times pada Senin (10/7/2023). (IDN Times/Fauzan)

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Kesbangpol Jabar Iip Hidajat mengatakan, 31 orang anggota NII KW9 dan 7 ini sudah mencabut baiat dan mengucap janji setia ke negara. Adapun pencabutan bait ini berlangsung di Gedung Sate, Bandung pada Minggu (27/8/2023) kemarin.

Adanya anggota NII ini terungkap setelah pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri.

"Ini kan setelah kejadian Al-Zaytun setelah Panji Gumilang sudah ditetapkan tersangka, ini ada beberapa komponen masyarakat yang sampai ke kami (datang), intinya bahwa mereka di NII tapi gak aktif, ada yang aktif juga, macam-macam," ujar Iip saat dihubungi, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Kasabangpol Jabar Pastikan 31 Orang Anggota NII di Al-Zaytun

Baca Juga: NII Disebut Jadi Penyumbang Dana Terbesar Ponpes Al Zaytun

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya