11 Penumpang Terminal Leuwipanjang Bandung Dinyatakan Positif Corona

Ada sebanyak 600 alat rapid test antigen telah terpakai

Bandung, IDN Times - Sebanyak 11 orang calon penumpang di Terminal Leuwipanjang dinyatakan positif corona dari rapid test antigen. Hal ini diketahui berdasarkan tes acak yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung sejak Sabtu (26/12/2020).

Kepala Terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat menjelaskan, 11 calon penumpang positif itu memiliki tujuan Kota Bandung-Jakarta. Adapun seluruh yang dinyatakan positif ini tengah diberikan penanganan oleh Dinkes Kota Bandung.

"11 yang positif ini merupakan total hasil keseluruhan dari pengetesan sebelum tahun baru hingga sekarang. Alat rapid test antigen juga langsung dari Dinkes Kota Bandung langsung," ujar Asep saat dihubungi, Jumat (1/12/2020).

1. Tahun baru kali ini termasuk paling sepi penumpang

11 Penumpang Terminal Leuwipanjang Bandung Dinyatakan Positif CoronaIDN Times/Humas Bandung

Ia mengatakan, dari total 700 alat rapid test antigen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bandung, saat ini sudah terpakai hampir mencapai 600. Asep mengatakan jika sisa rapid test antigen akan dipakai habis pada hari ini.

"Dari H-1 hingga H+1 tahun baru ini jumlah penumpang tergolong sepi, bisa jadi ini tahun baru paling berbeda dibanding tahun sebelumnya," katanya.

2. Calon penumpang positif tidak diizinkan melakukan perjalanan

11 Penumpang Terminal Leuwipanjang Bandung Dinyatakan Positif CoronaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, sebanyak tujuh orang dinyatakan positif pada pengetesan awal, kemudian hari berikutnya ada tambahan sebanyak dua orang. Maka itu, kata Asep, jika ditotalkan ada sembilan penumpang positif COVID-19.

Adapun penumpang yang sudah dinyatakan positif itu langsung ditangani oleh Dinkes Kota Bandung. Mereka pun dilarang untuk melanjutkan perjalanannya.

"Keberangkatan ditangguhkan dan dipulangkan. Petugas kesehatan berkoordinasi dengan puskesmas setempat sesuai alamat penumpang bersangkutan," jelasnya.

3. Dinkes sudah meminta calon penumpang positif dari rapid test antigen untuk melakukan PCR test

11 Penumpang Terminal Leuwipanjang Bandung Dinyatakan Positif CoronaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menjelaskan, setelah diketahui reaktif corona, sembilan orang penumpang ini sudah diminta untuk melakukan PCR test.

"Tidak boleh berangkat, diberi pengantar untuk pemeriksaan lanjutan. Untuk Kota Bandung puskesmas dikontak," katanya.

Baca Juga: Terminal Leuwipanjang Sediakan 700 Alat Rapid Antigen untuk Penumpang

Baca Juga: Pasar Leuwipanjang Tutup 14 Hari, 230 Pedagang Jalani Rapid Test

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya