TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pascalongsor, Jalan Tol Bocimi Seksi Dua Dibuka Fungsional 

Pengendara mobil rela antre demi lewati Tol Bocimi seksi 2

Foto udara pintu keluar Parungkuda di Ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kabupaten Sukabumi, IDN Times - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi dua ruas Cigombong-Parungkuda resmi dibuka secara fungsional pada Selasa (24/9/2024) pukul 17:55 WIB. Sebelumnya, jalan tol tersebut ditutup pascalongsor pada 3 April 2024.

Pembukaan jalan tol Seksi dua ini disampaikan oleh Kapolres Sukabumi AKBP Samian. Dia menyebut, sempat terjadi kemunduran jadwal pembukaan GT Parungkuda dari jadwal yang sebelumnya sudah ditentukan.

"Berdasarkan koordinasi Kasatlantas dengan tim pengelola, bahwa pembukaan akan dilakukan hari ini juga. Alhamdulillah, sekira pukul 17.55 WIB, Tol Bocimi seksi dua, GT Parungkuda menuju Jakarta dibuka kembali," kata Samian.

1. Pengendara rela antre berjam-jam

Pembukaan jalan Tol Bocimi seksi dua itu disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan mereka rela antre berjam-jam untuk melewati jalan yang sempat longsor tersebut.

Mumuh (45 tahun) salah satunya. Warga asal Kampung Tanjakanlengka, Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar itu sengaja datang lebih awal agar kendaraan bermuatan ubi tangkai dan pisang itu bisa melewati GT Parungkuda.

"Saya tadi datang di sini sekitar pukul 16:30 WIB. Iya, lumayan lama nunggunya. Ini bawa ubi tangkai dan pisang untuk dikirim ke Jakarta," kata Mumuh.

2. Beroperasi tanpa tarif

Berdasarkan papan pengumuman yang terpasang di dekat GT Parungkuda menyebutkan bahwa tarif tol dari GT Parungkuda sampai Caringin Utama kendaraan golongan satu ditarif Rp36 ribu, untuk kendaraan golongan dua dan golongan tiga di tarif Rp53 ribu. Sementara, untuk kendaraan golongan empat dan golongan lima ditarif Rp71 ribu.

Meski demikian, pada operasional kali ini, pihak Trans Jabar tol tidak mengenakan tarif khusus seksi dua Cigombong-Parungkuda. Hal itu diumumkan melalui akun Instagram resminya.

"Kabar baik untuk para pengguna Tol Bocimi, bahwa per tanggal 24 September 2024, seksi dua ruas Cigombong-Cibadak akan mulai dioperasionalkan kembali secara fungsional tanpa tarif mulai jam 17:55 WIB," tuturnya.

3. Berharap dapat mengurai kemacetan

Kapolres Sukabumi AKBP Samian berharap dibukanya kembali Jalan Tol Bocimi seksi dua dapat mengurai kemacetan. Polisi juga menurunkan 20 personel Satuan Lantas untuk mengantisipasi antrean di pintu gerbang tol.

"Ini resmi dibuka secara fungsional, semoga bisa mengurai kemacetan yang cukup parah di GT Cigombong-Sukabumi atau sebaliknya. Ini sudah final dan sudah dicek kelayakannya oleh tim, sehingga dapat difungsionalkan kembali dan semua jenis mobil bisa," ujarnya.

Baca Juga: Penanganan Longsor Tol Bocimi Ditarget Kelar Sebelum Akhir 2024

Baca Juga: Kabar Baik! Tol Bocimi Bisa Dipakai untuk Arus Balik Lebaran 

Berita Terkini Lainnya