TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Persib Nyaman Kerja Sama dengan Sportama untuk Penyediaan Jersey 

Kolabrasi keduanya sudah terjalin sejak 2016 

Marc Klok saat membela Persib Bandung.(instagram.com/marcklok)

Bandung, IDN Times - Apparel lokal saat ini menjamur di dalam negeri. Kerja sama antara pelaku usaha tersebut dengan tim sepak bola di Liga Indonesia pun banyak dilakukan.

Salah satunya adalah apparel Sportama yang bekerjasama dengan Persib Bandung. Kolaborasi antara kedua pihak pun sudah terjalin sejak 2016.

Sporting Director PT PERSIB Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengatakan, ada beberapa pertimbangan mengapa Persib mau bekerjasama dengan apparel lokal. Salah satunya adalah upaya untuk mendukung industri dalam negeri.

" Dengan menggunakan merek lokal, PERSIB sebagai klub dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri lokal, termasuk UMKM dalam industri tekstil dan pakaian olahraga," kata Teddy kepada IDN Times, Kamis (4/4/2024).

Kerjasama dengan merek lokal, lanjutnya, dapat menciptakan hubungan yang erat antara Persib sebagai klub dan perusahaan lokal, yang dapat saling menguntungkan dalam hal promosi, pemasaran, dan peningkatan citra mereka.

1. Bangga gunakan produk dalam negeri

foto bersama tim persib 2023-2024 (persib.co.id)

Menurutnya, dengan menggunakan merek lokal dapat memperkuat identitas dan kebanggaan lokal, memperkuat ikatan antara Persib sebagai klub dan seluruh pendukungnya dalam hal ini Bobotoh. Di sisi lain, kerja sama ini juga mampu mengurangi ketergantungan Tim Maung Bandung pada internasional dan mempromosikan produk-produk buatan dalam negeri.

Apparel lokal pun biasanya diproduksi di dalam negeri, sehingga biayanya lebih rendah dibandingkan apparel yang diproduksi oleh merek internasional.

"Merek lokal seperti Sportama lebih memahami selera dan kebutuhan pasar lokal, sehingga dapat menghasilkan desain apprel yang lebih sesuai dengan budaya dan estetika yang Persib tuangkan ke dalam konsep dan filosofi desain apparel dalam hal ini jersey di setiap musimnya," ujar Teddy.

2. Belum pikirkan kerja sama dengan apparel luar negeri lagi

bola.net

Persib bukan tidak pernah kerja sama denga apparel dari luar negeri. Beberapa jenama seperti Diadora, Joma, hingga Mitre pernah terpaut di jersey para pemain Pangeran Biru. Sementara apparel lokal yang sudah juga bekerjasama di antaranya adalah Villour da League.

Meski sudah cukup lama bekerjasama dengan Sportama, Teddy memastikan pihaknya tetap akan berkolaborasi dengan apparel lokal dibandingkan luar negeri. Harapannya kerja sama seperti ini bisa makin meningkatkan pertumbuhan pelaku UMKM dalam negeri termasuk yang berkecimpung dalam bisnis pakaian olahraga.

"Sampai saat ini kami masih menjalani kerjasama dengan apparel merk lokal, Sportama," kata Teddy.

Berita Terkini Lainnya