TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hutan Dekat Gunung Tangkuban Parahu Terbakar

Tak ganggu aktivitas wisata

(Dok/Istimewa)

Bandung Barat, IDNTimes - Kawasan hutan dekat Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat terbakar pada Rabu (3/9/2024). Dari video yang beredar, terlihat api membakar tanaman hingga terlihat kepulan asap di tebing hutan kawasan Gunung Tangkuban Parahu itu.

"Iya benar (terjadi kebakaran di hutan Gunung Tangkuban Parahu). Masuk wilayah Bandung Barat. Kita lihat perkembangannya dulu saja," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Meidi saat dikonfirmasi.

Meidi mengatakan berdasarkan hasil pengecekan ke lokasi dan koordinasi dengan Pos Pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada Rabu (4/9/2024) sekitar pukul 01.41 WIB dari kamera CCTV pemantauan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu terlihat adanya sinar yang berlokasi di sekitar atas kawah baru.

"Pada pagi hari sekitar pukul 05.51 WIB terlihat adanya asap tipis pada titik yang sama," ucap Meidi.

Kemudian pukul 09.20 WIB terlihat asap yang cukup tebal dan angin sedang-kencang condong ke arah barat laut. "Pada sekitar pukul 11.30 WIB, kami mendapatkan informasi dari pengelola wisata dan warga sekitar telah terjadi kebakaran di titik tersebut," kata dia.

Dia mengatakan sampai saat ini upaya pemadaman oleh masyarakat dan pihak terkait terus dilakukan. Meidi memastikan
kebakaran ini tidak mengganggu stasiun pemantauan Gunung Tangkuban Parahu dikarenakan lokasinya berjauhan.

"Kawasan yang terbakar tidak bisa masuk kendaraan Damkar cuma bisa di lalui kendaraan off road seperti Katana dan jalur kendaraan hanya bisa di tembus melewati perkebunan teh," ujar dia.

Baca Juga: 5 Pasangan Calon Pilkada KBB Dinyatakan Sehat

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Padalarang-Cianjur Masuk RTRW KBB Terbaru

Berita Terkini Lainnya