UM Bandung Siapkan Mahasiswa Jadi Technopreneur Islami di Era Digital 

Mahasiswa jangan hanya fokus ke nilai akademik

Bandung, IDN Times - Sebanyak 1.657 mahasiswa baru telah menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung). Di kampus ini, para mahasiswa akan mendapat banyak ilmu agar bisa bersaing dalam era revolusi industri 4.0

Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto mengajak para penerus bangsa ini untukk mampu menimba ilmu dan menjadi technopreneur Islami yang tangguh dan berkontribusi bagi masyarakat. Menurutnya, penting bagi mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi tantangan global di era digital saat ini.

"Dunia yang kita hadapi penuh dengan perubahan yang cepat dan tidak stabil. Jika kita tidak mempersiapkan diri dengan baik, kita akan menghadapi masalah yang lebih besar di masa depan," ujarnya melalui siaran pers diterima IDN Times, Jumat (20/9/2024).

1. Akan banyak pekerjaan lama yang hilang

UM Bandung Siapkan Mahasiswa Jadi Technopreneur Islami di Era Digital IDN Times/Istimewa

Dalam era revolusi industri 4.0, kata Rektor, perkembangan kecerdasan buatan, big data, cloud computing, dan internet of things akan membuka lapangan pekerjaan baru, tetapi juga akan menghapus jenis pekerjaan lama.

"Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan fleksibilitas dalam memecahkan masalah kompleks," kata dia.

Di sisi lain, mahasiswa harus bisa membangun karakter yang bisa membuat mereka sukses di masa depan. Keyakinan, kesadaran, sikap, dan tindakan yang didasari nilai-nilai Islami akan menghasilkan prestasi yang bermanfaat bagi uma.

2. Siapkan berbagai fasilitas untuk para mahasiswa

UM Bandung Siapkan Mahasiswa Jadi Technopreneur Islami di Era Digital IDN Times/Istimewa

Menurutnya, mahasiswa baru bahwa mereka tidak hanya dituntut untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi membentuk karakter islami yang akan menjadi pondasi dalam menjalani kehidupan.

"Sebagai technopreneur islami, kalian diharapkan mampu melakukan inovasi yang membawa kebaikan dan kebermanfaatan bagi umat," tambahnya.

Dengan fasilitas kampus yang terus berkembang dan dosen-dosen berkualifikasi tinggi, UM Bandung berkomitmen untuk membekali mahasiswa dengan literasi data, teknologi, dan kemampuan manusia yang holistik.

3. Jangan hanya fokus pada pencapaian akademik

UM Bandung Siapkan Mahasiswa Jadi Technopreneur Islami di Era Digital Pinterest

Herry mengajak mahasiswa tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi harus menjadi individu yang berkarakter kuat dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini. Ukir prestasi sebanyak mungkin. Masih banyak generasi Z yang belum mampu mengakses pendidikan tinggi. Sebagai generasi muda yang beruntung, kalian harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menatap masa depan,” tandas Rektor.

Baca Juga: 7 Film Terbaik tentang Mahasiswa Indonesia, Berbagai Macam Genre!

Baca Juga: Angka Pengangguran Tinggi, Apindo Imbau Mahasiswa Asah Keterampilan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya