TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pjs Bupati Indramayu, Dedi Taufik Diminta Atasi Kekeringan

Bey beri banyak PR untuk Dedi Taufik

(Istimewa)

Bandung, IDN Times - Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik resmi dilantik menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu. Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin turut memberikan beberapa tugas yang harus diselesaikan.

Tugas ini mulai dari menjaga kondusivitas saat Pilkada yang akan berlangsung 27 November 2024, isu pangan dan optimalisasi Bandara Kertajati.

"Saudara harus bisa bersikap netral dan kelihatan netral, tidak berpihak dan tidak memihak," ujar Bey Machmudin, saat pelantikan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (23/9/2024).

1. Indramayu lumbung padi harus dijaga

Di masa tugas yang hanya sekira dua bulan, para Pjs harus bisa memaskimalkan hal yang sudah berjalan baik serta memberikan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Apalagi dengan latar belakang eselon II di bidangnya masing-masing, para Pjs juga dapat mencurahkan pengalaman di sektor-sektor yang biasa digeluti.

"Pak Dedi Taufik dapat multifungsi di Indramayu untuk meningkatkan Kertajati dan Indramayu adalah salah satu lumbung padi nasional, jadi harus dijaga betul karena ketahanan pangan kita sangat penting, juga kondisi nelayan," katanya.

2. Dedi Taufik siap jaga pilkada kondusif

ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Ditemui usai pelantikan, Dedi Taufik memastikan siap mengemban tugas. Bagi dia, hal ini adalah kepercayaan yang harus dijawab meski masa timugasnya sangat singkat.

"Tadi pesannya adalah soal Pilkada, bagaimana kontestasi politik bisa berjalan kondusif. Lalu organisasi pemerintah harus berjalan tanpa gangguan. Semua akan dibahas langsung nanti setelah saya resmi bertugas, termasuk upaya mengoptimalkan bandara kertajati," kata dia.

Soal lumbung pangan, Dedi menyoroti kekeringan yang terjadi di sejumlah kecamatan di Indramayu. Sejumlah program sudah disiapkan, seperti pompanisasi. Selebihnya, akan ditinjau lebih detil permasalahan yang terjadi.

"Soal lumbung pangan ini tentu kan soal (suplai) pasokan dan demand (permintaan), lalu ada kaitan perhitungan masa panen dan tanam. Kekeringan ini menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Nanti akan langsung ditinjau dan dianalisis tingkat keparahan untuk mendapatkan solusi yang tepat," jelasnya.

3. Keputusan pelantikan berdasarkan SK Kemendagri

Untuk diketahui, Dedi Taufik dilantik oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (24/9/2024). Pelantikan dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3-3802 Tahun 2024 tentang Penunjukan Pejabat Sementara Bupati pada Provinsi Jawa Barat.

Selain Dedi Taufik, Bey melantik empat orang lain sebagai penjabat sementara kepala daerah. Mereka adalah Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar Dikky Achmad Sidik sebagai Pjs. Bupati Bandung, kemudian Asisten Deputi Infrastruktur Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat BNPP Kemendagri Yedi Rahmat sebagai Pjs. Bupati Tasikmalaya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar sebagai Pjs. Bupati Pangandaran. Berikutnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Teppy Wawan Dharmawan sebagai Pjs. Bupati Karawang.

Baca Juga: Kampanye Pilgub Jabar, Jeje-Ronal Kalim Tahu Daerah Basis Suara Lawan

Baca Juga: KPU Jabar Titip Paslon Pilgub Kampanye dengan Menyenangkan

Berita Terkini Lainnya