TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Penuh Tantangan, Jabar Hattrick Juara Umum PON! 

Jabar ungguli beberapa pesaing di tiga besar

Klasemen akhir PON XXI Aceh-Sumut 2024. (IDN Times/Web resmi PON)

Bandung, IDN Times - Provinsi Jawa Barat berhasil menjaga gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON). Hal ini dibuktikan dengan meraih hattrick alias tiga kali juara umum, setelah menjadi juara dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumatera Utara Sumut 2024.

Kontingen Jabar berhasil mengungguli beberapa pesaing ketat di tiga besar terakhir ada DKI Jakarta dan Jawa Timur. Para kontingen meraih 195 medali emas, 163 medali perak dan 182 medali perunggu.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, prestasi yang diraih ini merupakan buah dari kerja keras atlet, official dan seluruh masyarakat Jawa Barat. Pembinaan atlet yang baik dan pelatihan yang maksimal pun menjadi faktor penting.

"Kami sampaikan terima kasih kepada atlet, pelatih, official, manajer sampai ke KONI dan jajaran atas dedikasi dan kerja kerasnya. Saya minta jangan pada gelaran nasional (prestasi), tetapi juga event internasional dan dunia," kata Bey, dikutip Sabtu (21/9/2024).

1. Kemenangan harus terus dijaga

Selain itu, Bey mengatakan, Pemprov Jabar akan menyiapkan bonus bagi peraih medali PON Aceh-Sumut 2024. Adapun besarannya sekitar Rp300 juta untuk medali emas per orangan, sedangkan cabor beregu akan disesuaikan.

Ia berharap semua atlet termasuk calon atlet tidak berpuas diri. Mereka harus bisa terus fokus menelurkan prestasi di level internasional dengan mengasah kapasitas dan kapabilitas dengan sebaik mungkin.

"Kita sebagai negara Indonesia harus lebih banyak berbicara (pentas) di ajang dunia," tuturnya.

Hal senada dikatakan Ketua Umum KONI Jabar Muhammad Budiana. Menurutnya, kemenangan hattrick menjadi momentum untuk melakukan pembinaan berkelanjutan di semua cabang olahraga dengan lebih baik lagi.

"Kunci keberhasilan Jawa Barat dalam meraih kemenangan ketiga kali di PON ini adalah hadirnya pembinaan berkelanjutan," ucap Budiana.

2. Apresiasi terhadap Kontingen Jabar

Wakil Ketua Kontingen Jabar, Dedi Taufik mengatakan, hasil yang diraih Jabar di PON XXI Aceh-Sumut merupakan buah manis dari kerja keras para atlet, official dan doa masyarakat Jabar.

"Terima kasih, saya ucapkan kepada 1.260 atlet, 300 pelatih, mekanik, manajer, pimpinan cabor, dan KONI kabupaten kota, juga untuk seluruh warga Jawa Barat tentunya," ujar dia.

Berita Terkini Lainnya