TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengamat: Ridwan Kamil Sudah Tidak Ada Kans sebagai Cawapres 2024

Kecil kemungkinan RK dipilih Prabowo dan Ganjar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Firman Manan menilai mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias RK sudah tidak memiliki kans untuk maju sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapre) di Pilpres 2024.

Menurutnya, potensi RK dipilih sebagai bacawapres baik Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sangat kecil. Apalagi saat ini Partai Golkar sudah mendukung Prabowo Subianto dan menjadi anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kalau kita lihat memang sejauh ini misalnya di Koalisi Indonesia Maju yang mendukung Pak Prabowo Kalau di level elit memang nama RK itu menjadi semakin memudar sebetulnya," ujar Firman, Senin (9/10/2023).

1. Golkar sangat kecil mendorong RK sebagai Cawapres

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Partai Golkar juga saat ini masih solid mendukung Airlangga Hartarto untuk maju sebagai Cawapres. Kata dia, saat ini juga muncul nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sehingga RK sangat kecil untuk dipilih sebagai Bacawapres.

"Kalau dalam pengamatan saya, memang justru tidak mengerucut pada nama RK. Lalu yang kedua soal kontribusi elektoral. Sejauh ini kan Pak Prabowo masih unggul di Jawa Barat," ungkapnya.

2. RK tidak membantu siara elektoral

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Firman mengatakan, dengan posisi suara Prabowo dalam survei terakhir masih unggul di Jawa Barat, maka potensi RK dipilih juga sangat kecil. Sebab saat ini para Prabowo mencari sosok yang membantu menaikan suara elektoral di beberapa daerah lain, di luar Jawa Barat.

"Dengan melihat kondisi itu, memang figur seperti RK itu menjadi kurang signifikan, karena tentu yang dicari adalah figur yang bisa memberikan kontribusi elektoral di wilayah di mana Pak Prabowo itu kurang kuat Misalnya Jawa Timur begitu ya," jelasnya.

Baca Juga: Ultah Ke-52, 7 Potret Ridwan Kamil dan Istri Touring di Italia

Baca Juga: 7 Momen Romantis Ridwan Kamil dan Istri Liburan Berdua Saja ke Turki

Berita Terkini Lainnya