TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Jabar Bakal Usut Pencemaran Obat-obatan di DAS Citarum Hulu

Koordinasi dengan Satgas Citarum turut dilakukan

Dok. Humas Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap mengusut pencemaran sungai DAS Citarum Hulu oleh obat paracetamol hingga amoxilin. Temuan itu sendiri berdasarkan hasil penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengatakan, hasil riset BRIN ini sudah ditindaklanjuti bersama beberapa instansi terkait yang turut menangani persoalan sungai Citarum.

"Kami masih teliti lagi bersama Satgas Citarum Harum, BBWS, dan DLH untuk dicek lagi di dari mana, sebelah mana," kata Bey, Sabtu (13/7/2024).

1. Pemprov Jabar akan mengkaji hasil temuan BRIN ini

Bey memastikan segera melakukan kajian terhadap hasil penelitian dari BRIN ini. Dia tidak mempersoalkan peneliti dari instansi manapun untuk melakukan penelitian terhadap Sungai Citarum baik dari DAS hulu atau hilirnya.

"Ya kami terbuka untuk itu ya. Jangan sampai terjadi lagi seperti itu (pencemaran). Tapi kami masih cek dulu ya, memastikan dulu memastikan betul dari mana dan sebagainya," katanya.

2. Pemprov Jabar akan menindak pencemar Sungai Citarum

Meski begitu, Bey akan tetap memberikan sanksi tegas terhadap oknum perusahaan atau perseorangan yang melakukan pencemaran di wilayah Sungai Citarum. Adapun sebelumnya sudah ada beberapa perusahaan yang turut diberikan sanksi karena mencemari Sungai Citarum.

"(Jika ditemukan pihak yang mencemari) pasti akan kami tindak," kata dia.

Berita Terkini Lainnya