Ilham Habibie Sebut Kearifan Lokal dan Teknologi Bisa Tingkatkan Pertanian

Teknologi sebuah keniscayaan

Indramayu, IDN Times- Bakal Calon Wakil Gubenur Jawa Barat Ilham Habibie menegaskan pentingnya penggunaan teknologi dalam berbagai hal, termasuk sektor yang selama ini sudah tumbuh di kalangan masyarakat, seperti pertanian.

Hal itu disampaikan Ilham saat melakukan kunjungan ke Indramayu, Selasa (17/9/2024). Ilham sendiri mengaku baru pertama kali berkunjung ke Indramayu. Sebelumnya, Ilham juga menyempatkan diri berkunjung ke Cirebon. 

"Ini pertama kali saya ke Indramayu . Sebelumnya pernah ke Cirebon. Indramayu bagian yang penting di Jawa Barat. Jadi mengerti keadaan di sini, dengan berjumpa dengan warga," kata Ilham.

1. Perlu kolaborasi antara kearifan lokal dan teknologi

Ilham Habibie Sebut Kearifan Lokal dan Teknologi Bisa Tingkatkan Pertanianilustrasi orang memanfaatkan teknologi (pexel.com/Ivan Samkov)

Dijelaskan Ilham, dari kunjungannya itu, pertanian dan perikanan menjadi dua sektor yang banyak ditemui di Indramayu. 

"Yang paling banyak, sektor-sektor ekonomi yang sudah ada di sini. Pertanian, perikanan, perkebunan," kata dia.

Dijelaskannya, ke depan, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan sektor-sektor yang sudah ada itu. Kearifan lokal, mutlak harus dijaga dalam setiap upaya peningkatan nilai untuk sektor-sektor tersebut.

"Bagaimana caranya untuk memperbaiki itu, dengan misalnya menggunakan kearifan lokal," jelas dia.

"Tapi sekaligus juga ditekankan, memang, mau tidak mau menggunakan teknologi. Karena tanpa menggunakan teknologi, dan teknologi itu macam-macam. Ada digital, ada teknologi pertanian, teknologi permesinan . Semuanya itu harus jadi bagian silosusi," lanjut dia. 

Dijelaskannya, dalam upaya pengembangan sektor pertanian dan perikanan, keberadaan teknologi bisa dikolaborasikan dengan kearifan lokal yang sudah lebih dulu hidup. 

"Menggunakan kearifan lokal, sehingga apa yang kita kembangkan, nyambung dengan apa yang bisa kita implantasi di sini. Karena adanya budaya yang khas masyarakat setempat," papar dia.

2. Teknologi sebuah keniscayaan

Ilham Habibie Sebut Kearifan Lokal dan Teknologi Bisa Tingkatkan PertanianInstitut Teknologi Sumatera (Itera) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalin kerja sama strategis untuk mengembangkan teknologi pendeteksi kerusakan rel kereta (dok/officialitera)

Ilham yang menjadi pendamping Ahmad Syaikhu diusung Nasdem dan PKS itu menilai, teknologi sebagai sebuah keniscayaan. Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Indramayu, bisa dimanfaatkan dengan pendekatan teknologi tersebut.

"Jadi saya liat, potensi terkait sumber daya alam ada, dan harus kita kembangkan menjadi industri dengan nilai yang bisa kita dapatkan melalui industrialisasi," papar dia. 

Penggunaan teknologi, jelas dia, semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat itu sendiri. 

"Dari semua bidang itu akan sangat menguntungkan masyarakat karena pendapatannya akan meningkat . Tapi memang mau tidak mau kita harus menggunakan proses berdasarkan teknologi," ungkap Ilham.

3. Upaya Nasdem perkenalkan Ilham, bukan sekadar anak BJ Habibie

Ilham Habibie Sebut Kearifan Lokal dan Teknologi Bisa Tingkatkan PertanianInin Nastain IDN Times/ Ketua DPD Nasdem Indramayu Lucky Hakim

Sosok Ilham Habibie dinilai belum terlalu dikenal masyarakat, khususnya di Kabupaten Indramayu. Ilham, lebih dikenal sebagai sosok dari Presiden ke-3 Bj Habibie.

"Kita harus mengenalkan pak Ilham Habibie. Beliau lebih dikenal sebagai sosok teknokrat dan putra dari Bapak Habibie," kata Ketua DPD Partai Nasdem Indramayu Lucky Hakim. 

Latar belakang Ilham yang seorang teknokrat, kata dia, menjadi angin segar bagi Jawa Barat, di masa yang akan datang. 

"Yang akan kami lakukan adalah mengenalkan sosok personal beliau sebagai teknokrat. Jawa Barat akan sangat diuntungkan, khususnya Indramayu," kata dia.

Khusus di Indramayu, jelas dia, dengan pemanfaatan teknologi, peluang adanya pada bidang pertanian akan sangat terbuka lebar.

"Teknologi akan sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya pertanian dan perikanan. Bertani akan lebih maju, bilamana ditambah dengan unsur teknologi. Nah kita punya kandidat," papar dia.

Baca Juga: Maju Pilkada Indramayu, Artis Lucky Hakim: Pejabat Jangan Elitis

Baca Juga: Ilham Habibie Ungkap Tiga Visi-Misi di Pilgub Jabar 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya