TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nomor Urut Paslon Pilgub Jabar Diumumkan KPU, Ini Susunannya

Pengundian dipastikan sudah berdasarkan PKPU

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Nomor urut empat orang pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur resmi diumumkan oleh KPU Jawa Barat (Jabar) di Gedung KPU Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (23/9/2024) malam.

Empat orang paslon turut datang bersamaan dengan didampingi tim sukses serta simpatisan. Adapun empat orang ini yaitu Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) berisi Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PSI, Partai Buruh, Perindo, Gelora, PBB, Garuda, PKN.

Sementara Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie diusng NasDem, PKS, PPP; Pasangan Acep Adang Pertama Dwi Natarina oleh PKB; dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja dan PDI Perjuangan.

Penetapan nomor ini dilakukan dengan cara diundi, di mana para calon wakil gubernur diminta mengambil nomor yang dimasukkan dalam bola di wadah kaca bening. Setelah itu masing-masing calon Gubernur Jawa Barat mengambil berdasarkan urutan undian.

Hasilnya, nomor urut satu diisi paslon Acep Adang Ruhiat-Gita KDI; nomor urut 2 Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja; nomor 3 Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, dan nomor urut 4 Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan nomor urut tersebut telah resmi dan langsung ditetapkan dalam rapat pleno bersama dengan seluruh komisioner.

"Nomor urut ini kami terapkan. Adapun proses pengundian sudah berdasarkan peraturan PKPU," kata Ummi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pernah Menang saat Dapat Nomor Urut 1 di Pilgub Jabar

Baca Juga: Buruh Jabar Geruduk Gedung Sate-Pakuan, Ini Tuntutannya

Berita Terkini Lainnya