TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Golkar Dukung Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Ridwan Kamil ke Jakarta

Golkar siap usung wakil gubernur untuk Demul 

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (IDN Times/Amir Faisol)

Bandung, IDN Times - Partai Golkar resmi memberikan dukungan pada Dedi Mulyadi alias Demul untuk maju ke Pilgub Jawa Barat 2024. Sementara, kader mereka Ridwan Kamil akan didorong maju ke Pilgub Daerah Khusus Jakarta.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Pemenangan Pemilu (PP) Wilayah Jawa 1 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) Partai Golkar, MQ. Iswara saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (3/8/2024).

"Seperti disampaikan pak Airlangga ini merupakan hasil pembicaraan KIM yang akan menjadi calon gubernur Jabar pak Demul dan wakilnya dari Partai Golkar. Dan pak Ridwan Kamil ke Jakarta," ujar Iswara.

1. Wakil untuk Ridwan Kamil juga disiapkan

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri sebuah diskusi di Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Iswara mengungkapkan, wakil pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Daerah Khusus Jakarta nantinya akan dibahas bersama dengan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Iswara belum bisa membocorkan nama yang akan didorong mendampingi mantan Gubernur Jawa Barat itu.

"Siapa wakilnya? Masih dibahas di KIM. Itu wakilnya surprise untuk Pak Ridwan Kamil," katanya.

Lebih lanjut, Iswara mengatakan, Partai Golkar akan mengusulkan satu orang untuk posisi calon Wakil Gubernur atau pendamping Demul di Pilgub Jawa Barat nantinya. Mereka kini sudah mengantongi tiga nama yang akan dipilih nantinya.

"Wakilnya itu Insya Allah dari Partai Golkar sejauh ini ada tiga nama yang masuk nominasi, tapi saya mohon izin belum bisa menyebutkan namanya itu ya," katanya.

2. Golkar pastikan KIM tetap solid

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di HUT ke-46 AMPI. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Disinggung soal potensi mengusung nama lain dari Koalisi Indonesia Maju seperti Bima Arya, Iswara memastikan, hal itu nantinya akan dibahas lebih jauh bersama partai koalisi. Dia memastikan tidak akan ada pecah kongsi di KIM.

"Untuk mendampingi pak Demul nanti dari Partai Golkar. (Nasib Bima Arya) Rasanya itu nanti dirapatkan oleh para partai pengusung. KIM Jabar Solid," kata dia.

3. Airlangga pastikan dukung Demul ke Pilgub Jabar

Sementara, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, partainya akan mendukung kader Partai Gerindra, Dedi Mulyadi sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024. Hal ini memberikan sinyal partai berlambang pohon beringin itu bakal berlaga di Pilkada Jakarta.

Airlangga mengatakan bahwa pengurus Golkar di Jawa Barat sudah menggelar pertemuan dengan Dedi Mulyadi.

"Perkembangannya tadi di pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPP Partai Golkar dan DPD Partai Gerindra. Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga, antara lain Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar. Jadi, pembicaraan kami sudah sampai ke arah sana," ujar Airlangga di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2024) malam.

Ketika ditanya siapa sosok yang diusung oleh Golkar di Pilkada Jakarta, Airlangga tidak menjawab dengan tegas. Ia hanya menyinggung adanya Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus yang merujuk kepada partai-partai pendukung Prabowo-Gibran di pilpres, ditambah dengan partai di luar koalisi.

"Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti (yang diajukan) di Jakarta siapa. Masih tanya lagi? Apalagi Jakarta-nya KIM plus," ujar dia. 

Berita Terkini Lainnya