TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berangkat Ilegal ke Thailand, Wali Kota Yana Mulyana Ucap Bismillah 

Kemendagri tak berikan izin Yana Mulyana ke luar negeri

Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) berada di dalam mobil tahanan usai ditetapkan sebagai tersangka pasca terjaring OTT di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Minggu (16/4/2023). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Bandung, IDN Times - Perjalanan Dinas ilegal ke Thailand oleh eks-Wali Kota Bandung Yana Mulyana kembali terungkap dalam sidang tiga terdakwa penyuap proyek pengadaan CCTV dan jaringan internet atau ISP, program Bandung Smart City.

Perjalanan dinas bodong Yana Mulyana bersama pejabat Pemkot Bandung ini diungkapkan oleh Sekertaris Pimpinan Wali Kota Bandung, Rizal Hilman, saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tipikor Kota Bandung, Senin (24/7/2023).

1. Izin ditangani oleh bagian kerja sama Pemkot Bandung

IDN Times/Istimewa

Rizal mengatakan, mulanya keberangkatan ke Thailand ini diketahui berdasarkan surat undangan dari Huawei. Setelah itu, ia berkoordinasi dengan bagian kerjasama Pemkot Bandung, mengingat kewenangan perizinan dinas luar ada dibagian tersebut.

"Itu saya serahkan ke bagian kerja sama, kaewna itu merupakan kewenangannya, saya gak ada (kewenangan)," ujar Rizal.

2. Yana tetap berangkat ke Thailand dengan baca Bismillah

IDN Times/Humas Bandung

Jelang pemberangkatan ke Thailand, Rizal mendapatkan kabar bahwa bagian kerja sama Pemkot Bandung menyatakan surat izin dinas ke luar negeri ini tidak disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dia juga menyampaikan pada Yana Mulyana, namun Yana keukeuh berangkat.

"Kabag (Kepala Babagian) kerja sama bilang izin gak keluar. Bapak (Yana Mulyana) bilang Bismillah aja. Keberangkatan ke Thailand menggunakan pesawat business class," katanya.

Yana Mulyana berangkat ke Thailand tidak sendiri. Dia didampingi keluarga juga Kadishub Dadang Darmawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana, serta Sekdis Dishub Kota Bandung, Khairur Rija (saat itu Kabid Lalin dan Perlengkapan Jalan). 

Baca Juga: Motif Khairur Rijal Ajak Yana Mulyana ke Thailand untuk Naik Jabatan

Baca Juga: Korupsi Bandung Smart City: Tiga Orang Didakwa Suap Yana Mulyana

Berita Terkini Lainnya