TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1,8 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek pada H-7 Lebaran 2024

Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2023

Ilustrasi jalan tol (ciconstructors.com)

Bandung, IDN Times - Jumlah kendaraan yang akan melakukan mudik lebaran 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diprediksi akan meningkat dibandingkan dengan 2023.

Hal ini disampaikan langsung oleh Senior General Manager Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division, Widiyatmoko. Dia memastikan total kendaraan tahun ini yang melakukan mudik mengalami mencapai 1,8 juta.

"Prediksi secara keseluruhan ada 1,8 juta kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H-7 dan hari kedua Idul Fitri," ujar Widiyatmoko, Sabtu (23/3/2024).

1. Peningkatan kendaraan mencapai 5,94 persen

ilustrasi jalan tol (unsplash.com/Denys Nevozhai)

Dari jumlah itu, volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek, kata Widiyatmoko mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2023 dan pada tahun sebelum-sebelumnya. Sehingga, mudik tahun ini diyakininya akan lebih ramai.

"Total volume lalu lintas meninggalkan Jabodetabek ini meningkat 5,94 persen jika dibandingkan dengan periode hari raya Idul Fitri 2023," kata dia.

2. Puncak arus mudik terjadi pada 6 April 2024

Ilustrasi mudik jalur darat (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebelumnya, Widiyatmoko mengungkapkan, puncak mudik lebaran wilayah Jabodetabek terjadi pada H-5 lebaran. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada 15 April 2024. Berbagai langkah untuk memantapkan infrastruktur jalan tol terus dilakukan

"Untuk arus mudik, puncaknya diprediksi terjadi pada tanggal 6 April 2024, di tanggal itu peningkatan kedatangan mulai terjadi. Kalau arus balik tanggal 15 April 3024," ucapnya.

Berita Terkini Lainnya