Terlalu Kencang, Grand Max Terguling Cipali, Tiga Penumpang Tewas

Tiga penumpang tewas, empat orang lainnya luka-luka

Subang, IDN Times - Arus balik Lebaran 2023 di Jalan Tol Cikopo-Palimanan terpantau ramai lancar pada Selasa (25/4/2023) siang. Kondisi itu membuat para pengguna jalan dapat memacu kendaraannya dalam kecepatan di atas 100 kilometer per jam.

Akibat melaju di atas batas maksimal kecepatan, satu unit kendaraan pribadi mengalami kecelakaan di kilometer 153 Jalan Tol Cipali. Kecelakaan itu terjadi pada saat pemberlakukan sistem satu arah (one way) menuju Cikampek (arah Barat) di Jalur A yang biasa digunakan untuk menuju Palimanan (arah Timur).

“Kejadian laka tunggal oleh kendaraan Daihatsu Grand Max (B 1271 TMK) ini diduga karena pengemudi kurang antisipasi sehingga tidak bisa mengontrol laju kendaraannya,” kata Corporate Communication Astra Tol Cipali, Asri Fajarwati, dalam keterangan persnya, Selasa (25/4/2023).

1. Tiga orang meninggal dunia dan empat lainnya luka-luka

Terlalu Kencang, Grand Max Terguling Cipali, Tiga Penumpang TewasANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Asri mengatakan kecelakaan tunggal kali ini menimbulkan tiga korban jiwa. Seorang di antaranya dinyatakan meninggal dunia saat masih di lokasi kejadian, sedangkan dua orang lainnya meninggal dunia saat menjalani penanganan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng, Kabupaten Subang

Selain korban yang tewas, kecelakaan itu juga diketahui melukai empat orang penumpang lainnya. “Satu orang luka berat dan tiga orang luka ringan. Keseluruhan korban dievakuasi ke RSUD Cideres, Majalengka,” kata Asri merinci.

2. Petugas medis terkendala lalu lintas yang sempat padat

Terlalu Kencang, Grand Max Terguling Cipali, Tiga Penumpang TewasIlustrasi mobil ambulans. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Asri mengklaim penanganan kecelakaan tersebut dilakukan dalam waktu delapan menit setelah kejadian pada pukul 10.46 WIB. Namun, kondisi lalu lintas yang padat pada saat itu diakui cukup menyulitkan kendaraan medis yang akan mengevakuasi para korban.

Menurut Asri, banyak kendaraan yang melambat saat melintasi lokasi kecelakaan hingga menyebabkan antrean kendaraan di belakangnya. “Petugas Astra Tol Cipali dengan responsif di sela padatnya arus lalu lintas one way,” katanya.

3. Kendaraan korban diduga melaju kencang tak terkendali

Terlalu Kencang, Grand Max Terguling Cipali, Tiga Penumpang Tewasconfused.com

Menurut hasil pengamatan petugas di lapangan, kecelakaan tunggal itu bermula dari kendaraan yang melaju kencang. Namun, pengemudi diduga kesulitan mengontrol laju kendaraannya hingga akhirnya terguling dan sempat menabrak beton saluran air dan berhenti dalam kondisi terguling di bahu jalan.

Meskipun terjadi kecelakaan, petugas tidak melakukan penutupan jalur maupun lajur di sekitar lokasi.

“Kondisi lalu lintas terpantau lancar kembali pada pukul 12.00 WIB siang tadi,” ujar Asri, meyakinkan.

4. Pengemudi diminta patuhi batas kecepatan kendaraan

Terlalu Kencang, Grand Max Terguling Cipali, Tiga Penumpang Tewasmobilmo.com

Dengan adanya kecelakaan itu, pihak Astra Tol Cipali kembali mengingatkan para pengguna jalan untuk tidak melebihi batas maksimal kecepatan kendaraan di angka 80 kilometer per jam.

Sedangkan untuk batas minimal kecepatan kendaraan mencapai 60 kilometer per jam.

“Astra Tol Cipali mengimbau kepada para pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan mudik-balik untuk dapat mengecek kondisi kendaraan dan kondisi tubuh pengemudi dalam keadaan yang fit dan prima,” tutur Asri.

Baca Juga: Arus Balik 2023, Kepadatan Lalu Lintas Cipali Terus Menurun

Baca Juga: Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini Aturannya

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Tol Cipali Tewaskan 2 Pemudik dan 6 Luka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya