Arus Balik 2023, Kepadatan Lalu Lintas Cipali Terus Menurun

Kendaraan dari Tol Cipali disambut ganjil-genap di Tol Japek

Subang, IDN Times - Arus balik Lebaran 2023 di Tol Cikopo-Palimanan terpantau ramai lancar pada Senin (24/4/2023) sore tadi. Astra Tol Cipali memprediksi volume kendaraan sepanjang hari ini menurun dibandingkan sehari sebelumnya, Minggu (23/4/2023).

Menurut pendataan pihak pengelola jalan tol tersebut, jumlah kendaraan yang melintas kemarin mencapai hampir 127 ribu unit. Kondisi tersebut diakui melebihi prediksi pada hari itu, sekitar 11 persen.

“Sedangkan, prediksi arus lalu lintas pada Senin, 24 April 2023 sebanyak 117 ribu kendaraan yang melintas,” kata Sri Mulyo selaku Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali dalam keterangan persnya.

Meskipun demikian, prediksi arus balik tersebut masih terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kondisi normal. Bahkan, mendekati puncak arus mudik Lebaran 2023 pada 19-20 April 2023 lalu yang tercatat sampai 131 ribu kendaraan dalam sehari.

1. Tarif Tol Cipali didiskon 20 persen menjadi Rp 95.000

Arus Balik 2023, Kepadatan Lalu Lintas Cipali Terus Menurunilustrasi pintu tol (IDN Times/Sunariyah)

Dalam keterangan persnya, Sri kembali mengingatkan pengguna jalan untuk menunda perjalanan balik mudik mereka. Bahkan, Astra Tol Cipali juga memberikan potongan atau diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga GT Cikampek Utama.

Diskon tersebut berlaku pada 27-29 April 2023 pada pukul 06.00 WIB. “Adapun, besaran diskon tarif tol khusus Gerbang Tol Cipali senilai Rp95.200 dan secara akumulatif perjalanan dari Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan Gerbang Tol Cikampek Utama sebesar Rp297.600,” tutur Sri.

2. Kepadatan lalu lintas hanya terjadi di salah satu jalur

Arus Balik 2023, Kepadatan Lalu Lintas Cipali Terus MenurunIDN Times/Abdul Halim

Sesuai jadwal, kepolisian mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dari GT Kalikangkung hingga GT Cikatama pada pukul 14.00 WIB siang tadi. Namun, menurut pemantauan kamera CCTV, terlihat kepadatan kendaraan hanya terjadi di salah satu jalur saja.

Namun, Astra Tol Cipali memastikan hingga berita ini dibuat, one way masih dilakukan ke arah Jakarta. Hal itu pun dibuktikan dengan kepadatan lalu lintas di Jalur Pantai Utara yang mengarah ke Jawa Tengah.

3. Pemudik harus ikuti jadwal ganjil-genap di Tol Japek

Arus Balik 2023, Kepadatan Lalu Lintas Cipali Terus MenurunIlustrasi ganjil-genap (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sementara itu, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana menyampaikan pihak kepolisian juga masih akan memberlakukan ganjil-genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Karena itu, mereka mengimbau pemudik untuk mengikuti one way menyesuaikan tanggal dan plat nomor kendaraan.

“Kami terus menjalin koordinasi dengan pihak Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kemenko PMK dalam pemantauan indikator volume lalu lintas jalan tol melalui traffic counting yang menjadi rekomendasi pemberlakuan skenario rekayasa lalu lintas yang diperlukan,” tutur Lisye.

Baca Juga: Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini Aturannya

Baca Juga: One Way Arus Balik Lebaran, Catat Waktunya! 

Baca Juga: H-1 Lebaran, Arus Mudik di Tol Cipali Melandai Tanpa One Way

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya