Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini Aturannya

Diskon berlaku 27-29 April 2023 di GT Kalikangkung-Cikatama

Subang, IDN Times - Pengguna Jalan Tol Cikopo-Palimanan bisa mendapatkan potongan harga atau diskon tarif masuk pada arus balik Lebaran 2023. Astra Tol Cipali memberlakukan diskon tersebut pada periode 27-29 April 2023 dimulai pukul 6.00 WIB pada hari pertama hingga jam yang sama di hari terakhirnya.

Diskon tarif itu digelar untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2023. “Kami memberlakukan penerapan diskon tarif 20 persen khusus untuk Golongan 1 yang melintas mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung dan keluar di Gerbang Tol Cikampek Utama, kata Firdaus Azis, Presiden Direktur Astra Tol Cipali, Senin (24/4/2023).

Dalam keterangan persnya, mereka menjelaskan diskon tarif hanya berlaku bagi pengguna jalan yang bertransaksi menggunakan uang elektronik. Adapun, kendaraan golongan 2 atau lebih tidak bisa mendapatkan potongan tarif tersebut.

1. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Rabu lusa

Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini AturannyaDok Astra Tol Cipali

Sebanyak 1,5 juta masyarakat diprediksi akan menjalani arus balik lebaran kali ini dari wilayah Timur Pulau Jawa menuju Jakarta dan sekitarnya. Hal itu berdasarkan data dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) serta Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia.

Untuk puncak arus balik kali ini, Astra Tol Cipali juga memprediksi waktunya akan dimulai pada hari ketiga setelah (H+3) lebaran, yakni Rabu (26/4/2023).

”Kami memprediksi jumlah kendaraan yang melintas sebesar 139 ribu kendaraan,” kata Firdaus.

2. Diskon tarif dipercaya kurangi penumpukan di GT Cikatama

Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini AturannyaGerbang Tol Cikampek Utama 1. (dok. Jasa Marga)

Diskon tarif tol untuk jarak terjauh dipercaya akan menghindari potensi penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Cikatama. Pasalnya, lokasi tersebut merupakan pertemuan dari arah Bandung, Jalur Pantura dan Cipali.

Karena itu, Firdaus meminta para pemudik dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan kembali ke wilayah Jakarta dan sekitarnya agar memanfaatkan diskon tersebut.

“Astra Tol Cipali mengajak pengguna jalan untuk melakukan perjalanan kembali ke Jakarta tidak pada waktu-waktu favorit di tanggal 25 April 2023 dan 26 April 2023,” katanya.

3. Pengguna jalan diminta siapkan uang elektronik yang cukup

Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini AturannyaPengguna jalan tol menggunakan e-toll untuk pembayaran (Dok. Jasa Marga)

Lebih lanjut, Astra Tol Cipali mengimbau kepada para pengguna jalan untuk menyiapkan diri sebelum memulai perjalanan. Selain persiapan fisik dan kondisi kendaraannya, pengendara juga perlu memastikan kartu uang elektronik sudah terisi cukup untuk sepanjang perjalanan di tol.

Firdaus tidak lupa mengingatkan pengendara tidak berhenti di bahu jalan tol untuk beristirahat.

“Hal ini selain dapat menyebabkan kemacetan, juga dapat membahayakan keselamatan bagi pengguna jalan lainnya,” ujarnya menegaskan.

4. Diskon tarif hanya berlaku untuk perjalanan jarak terjauh

Tol Cipali Beri Diskon 20 Persen untuk Arus Balik 2023, Ini AturannyaIDN Times/Abdul Halim

Namun, ketentuan diskon tarif tol itu dinilai tidak menguntungkan pengguna jalan yang masuk dan keluar di gerbang tol antara GT Kalikangkung-Cikatama. Pasalnya, diskon hanya berlaku untuk pengendara yang melakukan perjalan dengan jarak terjauh di ruas tol tersebut.

Misalnya, kendaraan yang masuk dari GT Palimanan dan keluar di GT Subang, tetap dibebankan tarif normal seperti biasanya. Begitu pula dengan kendaraan dari dan menuju GT lain di sepanjang Tol Cipali.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2023, Tol Cipali Mulai One Way Senin Siang

Baca Juga: H-1 Lebaran, Arus Mudik di Tol Cipali Melandai Tanpa One Way

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Tol Cipali Tewaskan 2 Pemudik dan 6 Luka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya