Arus Balik Lebaran 2023, Tol Cipali Mulai One Way Senin Siang

Kendaraan yang mengarah ke Jakarta terus meningkat

Subang, IDN Times - Arus balik Lebaran 2023 mulai terjadi di Jalan Tol Cikopo-Palimanan pada hari kedua lebaran, Minggu (23/4/2023). Sesuai jadwal, pihak kepolisian berencana menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) ke Cikopo pada Senin (24/4/2023) esok hari.

Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo mengatakan, one way dijadwalkan mulai pukul 14.00 sampai dengan 00.00 WIB esok. “Waktu pemberlakukan one way ini dapat berubah sesuai dengan kondisi saat arus balik Lebaran 2023,” katanya.

Menurut pemantauannya, arus lalu lintas hari ini relatif masih ramai lancar. Volume kendaraan diperkirakan terus meningkat hingga puncak arus balik yang akan terjadi pada Rabu (26/4/2023) pekan depan.

1. Volume kendaraan meningkat dari Idulfitri tahun lalu

Arus Balik Lebaran 2023, Tol Cipali Mulai One Way Senin SiangIDN Times/Abdul Halim

Astra Tol Cipali mencatat jumlah kendaraan yang melintas pada Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4/2023) kemarin, mencapai sekitar 91 ribu unit. Jumlah tersebut diakui meningkat dari hari sebelumnya sebanyak 80 ribu kendaraan.

“Bila dibandingkan dengan arus lalu lintas tahun lalu, volume lalu lintas di Tol Cipali pada Hari Raya Idulfitri tahun ini mengalami kenaikan 14 persen,” ujar Sri. Meskipun demikian, kondisi lalu lintas pada arus mudik kali ini diklaim masih lancar terkendali.

2. Pengendara dilarang berhenti di bahu Jalan Tol Cipali

Arus Balik Lebaran 2023, Tol Cipali Mulai One Way Senin SiangTol Cipali (auto2000.co.id)

Pada kesempatan itu, Sri kembali mengimbau para pengguna Jalan Tol Cipali menghindari puncak arus balik Lebaran 2023. Hal itu diakui untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas kendaraan, khususnya yang mengarah ke Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Sri juga mengimbau pengendara untuk tidak berhenti di bahu jalan tol. “Hal ini dapat menyebabkan kepadatan di titik-titik tertentu dan juga berbahaya bagi pengguna jalan lainnya,” katanya beralasan.

3. Astra Tol Cipali tambah fasilitas toilet dan lahan parkir

Arus Balik Lebaran 2023, Tol Cipali Mulai One Way Senin Siangilustrasi rest area Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Astra Tol Cipali berupaya mendukung kelancaran perjalanan arus balik dengan menambah berbagai fasilitas seperti toilet dan lahan parkir. Penambahan toilet dilakukan di rest area kilometer 86A dan B sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir. Sedangkan, di rest area Km 130 B ditambah 32 bilik toilet.

Untuk kapasitas parkir di rest area Km 86A dan B ditambah menjadi 150 unit. Kemudian di rest area Km 130A dan B kapasitasnya kini bisa menampung 350 kendaran. “Adapun, untuk rest area tipe A di Tol Cipali yakni Km 101, 102, 166 dan 164 diklaim dapat menampung sebanyak 700-1.000 kendaraan,” ujar Sri.

4. Pengendara diminta keluar tol apabila rest area padat

Arus Balik Lebaran 2023, Tol Cipali Mulai One Way Senin Siangilustrasi rest area Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Lebih lanjut, Sri menyarankan pengendara untuk beristirahat apabila telah menempuh perjalanan selama empat jam. Mereka pun bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di rest area di sepanjang jalan tol.

Namun, para pengendara sebaiknya tidak memaksakan masuk rest area apalagi berhenti di bahu jalan tol apabila rest area dalam kondisi padat. “Pengguna jalan dapat keluar gerbang tol terdekat untuk berwisata kuliner dan beristirahat dengan maksimal,” katanya.

Baca Juga: H-1 Lebaran, Arus Mudik di Tol Cipali Melandai Tanpa One Way

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal di Tol Cipali Tewaskan 2 Pemudik dan 6 Luka

Baca Juga: Puncak Arus Balik Diprediksi 25 April, 203 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya