Purwakarta Tunda PTM 100 Persen karena Capaian Vaksinasi Lansia Lamban

Vaksinasi anak-anak justru tidak jadi syarat PTM 100 persen

Purwakarta, IDN Times - Kabupaten Purwakarta tidak bisa menggelar Pembelajaran Tatap Muka 100 persen meskipun masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Hal itu disebabkan capaian vaksinasi COVID-19 yang rendah untuk kaum lanjut usia.

Kepala Bidang Pengendalian Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Purwakarta, Erlitasari Kusuma Wardani mengakui keputusan itu langsung dari pemerintah pusat. Aturannya tertulis dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri.

"Ini sesuai SKB empat menteri untuk PTM 100 persen harus dosis kedua untuk lansianya 50 persen," kata Erlitasari saat dihubungi, Selasa (11/1/2022). Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut penyebab vaksinasi lansia yang lamban.

1. Vaksinasi tenaga pendidik dan kependidikan melebihi target

Purwakarta Tunda PTM 100 Persen karena Capaian Vaksinasi Lansia LambanIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dalam SKB tersebut dijelaskan bahwa daerah bisa melaksanakan PTM 100 persen apabila capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk tenaga pendidik dan kependidikan di atas 80 persen. Berdasarkan data, vaksinasi untuk kelompok tersebut sudah melebihi target.

Namun, pemerintah pusat juga membatasi capaian vaksinasi dosis kedua untuk lansia minimal 50 persen. "Angkanya di Purwakarta saat ini baru 36,37 persen atau 24.504 dari target 67.382 orang," ujar Erlitasari.

2. Vaksinasi anak-anak justru tidak jadi syarat PTM 100 persen

Purwakarta Tunda PTM 100 Persen karena Capaian Vaksinasi Lansia LambanIlustrasi vaksinasi COVID-19 pada anak. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Adapun untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Dinkes Purwakarta mencatat jumlahnya hampir 30 persen. Tepatnya, 28,95 persen atau 29.327 dari 101.298 anak yang menjadi sasaran vaksinasi kali ini.

Ketentuan PTM 100 persen itu juga diakui Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto. "PTM 100 persen masih menunggu vaksinasi lansia, sesuai aturan. Untuk vaksinasi anak tidak jadi syarat," ujarnya.

3. PTM 100 persen ditunda hingga Februari 2022

Purwakarta Tunda PTM 100 Persen karena Capaian Vaksinasi Lansia LambanIlustrasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Purwakarta Iyus Permana menyatakan PTM 100 persen ditunda hingga Februari 2022. Batas waktu itu sekaligus mengisyaratkan target pemerintah daerah setempat untuk menyelesaikan vaksinasi lansia.

"Utamanya untuk SMK-SMA, bulan depan. Sekarang masih persiapan," kata Iyus saat dihubungi. Namun, ia tidak menjelaskan upaya pemerintah untuk mempercepat vaksinasi lansia.

4. Bupati minta orangtua tidak takut anaknya di-vaksinasi

Purwakarta Tunda PTM 100 Persen karena Capaian Vaksinasi Lansia LambanAbdul Halim/IDN Times

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melakukan peninjauan vaksinasi anak langsung ke sekolah-sekolah. Ia menyampaikan kepada para murid dan orang tua/wali mereka agar tetap menjaga protokol kesehatan.

"Semua anak yang sudah divaksin juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama tetap memakai masker," kata Anne.

Selain di sekolah, vaksinasi anak juga dilayani di 17 Puskesmas seluruh Purwakarta dan sentra-sentra vaksinasi untuk anak.

Anne memastikan vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak aman sesuai hasil pemeriksaan kesehatan mereka sebelum disuntik vaksin. "Jangan takut karena kita juga melakukan skrining sebelum disuntik vaksin," ujarnya.

Baca Juga: 1.677 Sekolah di Bandung Dapat Giliran Gelar PTM 100 Persen

Baca Juga: Gelar PTM 100 Persen: Buka Ruang Baru hingga Bongkar Perpustakaan

Baca Juga: PTM Sekolah Mulai 100 Persen di Bandung, Belajar Hanya 6 Jam Sehari

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya