Puncak Mudik 2023, Volume Kendaraan di Cipali Naik 19 Persen

Masih banyak kendaraan pemudik berhenti di bahu jalan tol

Subang, IDN Times - Kendaraan pemudik yang melewati Tol Cikopo-Palimanan diperkirakan meningkat 19 persen pada puncak arus mudik Lebaran Idulfitri 1444/2023, Rabu (19/4/2023). Astra Tol Cipali memprediksi jumlah kendaraan yang melintas mencapai 121 ribu kendaraan.

Menurut pemantauan mereka, volume arus lalu lintas yang melewati Gerbang Tol Cikampek Utama sejak malam kemarin sebesar 6.000 kendaraan per jam. Sedangkan, menurut data yang dimiliki Astra Tol Cipali pada empat hari sebelum (H-4) Lebaran 2023, Selasa (18/4/2023), tercatat sebanyak 102 ribu kendaraan melintas di Tol Cipali.

“Kami mencatat arus lalu lintas yang melewati Tol Cipali sejak H-10 sampai H-4 kemarin 535 ribu kendaraan yang melintas,” kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo dalam keterangan persnya yang terbaru.

1. Arus mudik di Tol Cipali masih mengalami kenaikan

Puncak Mudik 2023, Volume Kendaraan di Cipali Naik 19 PersenDok Astra Tol Cipali

Dengan peningkatan arus lalu lintas di Ruas Tol Cipali sejak kemarin malam, pemberlakuan one way pun diperpanjang. Dari semula dijadwalkan hingga pukul 00:00 WIB diperpanjang sampai dengan berita ini dibuat.

“Hal ini dilakukan karena arus lalu lintas yang melintasi Tol Cipali terpantau terus mengalami kenaikan sampai dengan siang ini. Adapun keputusan waktu pemberlakuan one way sesuai dengan arahan dari Korlantas Polri,” tutur Sri.

2. Pemudik masih banyak berhenti di bahu Jalan Tol Cipali

Puncak Mudik 2023, Volume Kendaraan di Cipali Naik 19 PersenDok Astra Tol Cipali

Dalam keterangan pers tersebut, Astra Tol Cipali mengimbau para pengguna jalan untuk tidak berhenti di bahu jalan. Pasalnya, dari pemantauan masih terlihat kendaraan yang memilih beristirahat di bahu jalan tol.

Sri mengatakan, larangan berhenti di bahu jalan itu untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran 2023. “Kami mengimbau apabila kondisi di rest area sudah memasuki batas maksimal dapat segera keluar gerbang tol terdekat untuk dapat beristirahat atau sekedar mengisi bahan bakar kendaraan,” ujarnya.

3. One way di Tol Cipali direncanakan berakhir Rabu malam

Puncak Mudik 2023, Volume Kendaraan di Cipali Naik 19 PersenDok Jasa Marga

Sementara itu, pihak kepolisian belum bisa memastikan rekayasa lalu lintas one way akan diakhiri. Namun, mereka berencana mengakhirinya pada pukul 24.00 WIB tengah malam ini apabila kondisi lalu lintas menurun.

Namun, petugas akan kembali melakukan penyesuaian jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas One Way apabila arus mudik masih membludak. Penyesuaian itu akan dilakukan pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut.

Baca Juga: Lajur Tambahan di Tol Japek Mulai Dibuka Jelang Arus Mudik

Baca Juga: Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali Dilanjutkan

Baca Juga: Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati Pemudik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya