Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali Dilanjutkan

Jasa Marga berlakukan contraflow dari Km 47 Tol Japek

Karawang, IDN Times - Kepolisian memperpanjang rekayasa lalu lintas satu jalur (one way) di ruas Tol Cikopo-Palimanan dan memberlakukan lawan arah (contraflow) di Tol Jakarta-Cikampek. Semula, one way yang dimulai sejak Selasa (18/4/2023) pukul 14.00 itu dijadwalkan berakhir pada pukul 00.00 tengah malam.

Namun, hingga tiga hari sebelum (H-3) Lebaran Idulfitri 1444/2023, Rabu (19/4/2023) pagi ini, one way terpantau masih berlangsung di Tol Cipali. Perpanjangan one way dari kilometer 72 Cikampek itu disampaikan Jasa Marga dalam keterangan persnya.

“Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada pukul 12.00 WIB,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana.

1. Arus lalu lintas meningkat pada puncak arus mudik

Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali DilanjutkanIlustrasi mudik lewat jalan tol (ANTARA FOTO/Fauzan)

Menurut Lisye, perpanjangan one way berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Jakarta menuju arah Timur. Sesuai prediksi, puncak arus mudik akan terjadi hari ini. Kondisi itu terpantau dari kamera pemantau ditambah dengan laporan petugas Kepolisian di lapangan.

Menurut prediksi, Lisye mengakui peningkatan lalu lintas masih akan berlanjut hingga pagi hari ini. “Rekayasa lalu lintas One Way di hari pertama mudik yang dijadwalkan selesai pada Selasa pukul 24.00 WIB, masih akan terus dilanjutkan atas diskresi Kepolisian,” katanya menegaskan.

2. Rekayasa one way bisa dilanjutkan pada Rabu siang

Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali DilanjutkanIlustrasi one way. IDN Times/Haikal Adithya

Meskipun direncanakan berlangsung hingga siang ini, Lisye menyampaikan rekayasa one way bisa saja dilanjutkan. Hal itu diakui tergantung kondisi arus lalu lintas yang padat di ruas tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Cipali.

“Apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas One Way,” tutur Lisye.

3. Contraflow di Tol Japek dilakukan sejak Selasa malam

Masuk Prediksi Puncak Arus Mudik 2023, One Way di Cipali DilanjutkanPemberlakukan contraflow Km 47 s.d. Km 53 arah Cikampek oleh Jasa Marga. Dok. Jasa Marga

Sementara itu, rekayasa lalu lintas lawan arah (contraflow) di Ruas Tol Japek berlaku mulai pukul 22.30 WIB, Selasa (18/4/2023) malam. PT Jasamarga Transjawa Tol (PT JTT) membuka dua lajur dari kilometer 47 (GT Karawang Barat) hingga kilometer 72 (GT Cikampek).

Keputusan itu diikuti peningkatan pelayanan di GT Cikampek Utama. “PT JTT juga telah mengoperasikan total 20 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 13 gardu tol, dan penyiagaan tambahan 14 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi,” ujar Lisye.

Baca Juga: One Way Dimulai Pukul 14.30 di KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Kalikangkung

Baca Juga: One Way di Tol Cipali-Kalikangkung Diperpanjang hingga 19 April 2023

Baca Juga: Polisi Mulai Berlakukan One Way dari Tol Cipali Mengarah ke Jateng

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya