Polisi Mulai Berlakukan One Way dari Tol Cipali Mengarah ke Jateng

Lama one way melihat kondisi jumlah kendaraan

Bandung, IDN Times - Kepolisian mulai memberlakukan skema satu jalur (one way) di Jalan Tol Cipali di Kilometer (Km) 72 menuju akses keluar Kalikangkung di Km 414 di Semarang, Jawa Tengah, sejak pukul 14.30 WIB.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo mengatakan, petugas kepolisian sedang melakukan pengosongan kendaraan yang menuju ke arah Jakarta.

"Kami imbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang akan menggunakan jalur tol ke arah Jakarta untuk tidak memasuki tol mengingat saat ini sedang kita lakukan pengosongan maupun pembersihan khususnya di jalur B yang mengarah ke Jakarta," kata Dirlantas Polda Jabar, Kombes Wibowo, melalui keterangannya pada Selasa (18/4/2023).

1. Gunakan jalur arteri untuk sementara waktu

Polisi Mulai Berlakukan One Way dari Tol Cipali Mengarah ke JatengJalan arteri di Karawang (ANTARA/Ali Khumaini.)

Bagi masyarakat yang hendak menuju ke Jakarta, kata Wibowo, dipersilahkan untuk menggunakan jalur arteri dan masuk melalui Tol Cikopo. Selain itu, masyarakat juga dapat menggunakan Tol Sadang ataupun Tol Purbaleunyi untuk menuju ke Jakarta.

"Kepada masyarakat yang menuju Jakarta, silahkan bisa menggunakan jalur arteri dan bisa masuk lagi ke tol melalui Tol Cikopo dan bisa langsung mengarah ke Jakarta, begitupun sebaliknya bisa menggunakan tol Sadang, Purbaleunyi dan masuk ke Jakarta," ucap dia.

"Kami berharap kerja samanya demi kenyamanan dan kelancaran kita semua khususnya pada saat arus mudik," tandas dia.

2. Sistem one way direncakan sampai H-1

Polisi Mulai Berlakukan One Way dari Tol Cipali Mengarah ke JatengIlustrasi Tol Cipali (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kepolisian RI memberlakukan sistem satu jalur atauone way saat puncak arus mudik Lebaran di Tol Cikampek-Kalikangkung. Sistem one way berlaku mulai 18 April 2023 di KM 72 hingga KM 414. Sistem tersebut diberlakukan untuk mencegah kemacetan di Tol Cikampek-Kalikangkung pada saat puncak mudik lebaran yang diprediksi pada 19-21 April 2023.

"Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem one way pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho, dikutip dari keterangan resmi, Senin (3/4/2023).

3. Ada titik krusial di Tol Trans Jawa saat arus mudik Lebaran

Polisi Mulai Berlakukan One Way dari Tol Cipali Mengarah ke JatengTol Layang Japek II (ANTARA FOTO/Jasa Marga)

Pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, kepolisian membeberkan ada sejumlah titik krusial yang berpotensi masalah saat terjadi lonjakan mudik Lebaran 2023.

Sandi mengatakan, untuk di Jalur Tol Trans Jawa, jalur tol ke arah Jawa Tengah, Tol Cipali menjadi titik krusial baik arus mudik maupun arus balik.

Adapun di rest area, yang menjadi titik krusial adalah di jalur Tol Cipali. Titik krusial lainnya yang menjadi perhatian Polri yakni jalur arteri di Jawa.

Sandi mengatakan bahwa jalur utama yang digunakan roda dua dan alternatif roda empat juga berpotensi terjadinya kepadatan, sehingga rawan terjadi kecelakaan dan gangguan kamtibmas.

Baca Juga: Jelang Pemberlakuan One Way, Sterilisasi Mulai Dari Krapyak ke Brebes

Baca Juga: 5 Wisata Sekitar Tol Cipali yang Menawan, Wajib Mampir!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya