Polisi Pasang Contraflow Jelang Rest Area 57 A Tol Japek

Arus keluar masuk kendaraan ke Purwakarta masih lancar

Karawang, IDN Times - Petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas lawan arah atau contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dan Trans Jawa, Sabtu (24/12/2022). Sistem itu berlaku sejak pukul 9.40 WIB di kilometer 47 hingga 61 wilayah Kabupaten Karawang.

Rekayasa tersebut merupakan bagian dari diskresi kepolisian untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas kendaraan. Dalam keterangan persnya, PT Jasamarga Transjawa Tol menyebutkan hasil pemantauannya di lapangan.

“Titik-titik kepadatan yang saat ini terpantau tengah terjadi di KM 48 dan akses masuk Rest Area Km 57 A arah Cikampek Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Nouval M Rizky, Plt. Senior Manager Representative Office 1.

1. Rekayasa lalu lintas disampaikan sehari sebelumnya

Polisi Pasang Contraflow Jelang Rest Area 57 A Tol JapekBKIP Kemenhub

Sehari sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengingatkan rencana rekayasa lalu lintas di jalan tol saat libur Natal dan Tahun Baru. Pada saat-saat tertentu, petugas akan memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti sistem laju kendaraan searah (one way) atau lawan arah (contraflow). 

“Saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya dan juga jalur di arah balik,” kata Budi setelah berkoordinasi dengan Korps Lalu LIntas Polisi Republik Indonesia.

2. Polres Purwakarta kerahkan 700 personel di lapangan

Polisi Pasang Contraflow Jelang Rest Area 57 A Tol JapekANTARA FOTO/Reno Esnir

Di Kabupaten Purwakarta, Kepolisian Resor setempat mulai melaksanakan Operasi Lilin Lodaya 2022. Kepala Polres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain mengaku menurunkan sebanyak 700 personel pengamanan dan mendirikan sembilan pos yang terdiri dari Pos Terpadu, Pos Pelayanan, dan Pos Pengamanan

Untuk memastikan kesiapan petugas di lapangan, Edwar mengecek kondisi Pos Pengamanan maupun pengamanan Gereja. "Kami juga melaksanakan pengecekan jalur, baik itu jalur Tol Cipularang dan Tol Cipali maupun jalur protokol yang nanti akan digunakan oleh masyarakat untuk hilir mudik pada saat libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

3. Arus lalu lintas di Wilayah Purwakarta terpantau lancar

Polisi Pasang Contraflow Jelang Rest Area 57 A Tol JapekIlustrasi Tol Cipularang (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Berdasarkan pantauan di Pos Pam Rest area 72 Tol Cipularang, ia menilai belum ada peningkatan volume kendaraan yang meninggalkan ataupun yang datang ke wilayah Kabupaten Purwakarta. “Untuk saat ini, arus lalu lintas di Tol Cipularang masih terpantau normal, dan belum ada peningkatan volume kendaraan,” ujar Edwar.

Kapolres berharap kondisi lalu lintas pada musim liburan kali ini tetap lancar dan tidak terkendala faktor apapun. Ia pun memastikan petugas kepolisian akan berupaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Baca Juga: Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat Nataru

Baca Juga: Jalan Tol Cisumdawu dan Japek 2 Berpotensi Padat saat Nataru

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Cipali Siapkan Contraflow

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya