Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat Nataru

Cuaca ekstrem berisiko ganggu perjalanan saat libur Nataru

Karawang, IDN Times - Masyarakat yang akan melakukan perjalanan pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengkhawatirkan faktor tersebut akan mengganggu kelancaran lalu lintas saat ini.

Untuk mengantisipasi dampak cuaca buruk, Budi mengaku telah berkoordinasi dengan instansi terkait. Dalam hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kami telah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB untuk mengantisipasi potensi cuaca yang tidak bersahabat pada akhir tahun,” kata Budi setelah meninjau Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek), Jumat (23/12/2022) siang.

1. Menhub mengingatkan risiko banjir mengancam jalan tol

Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat NataruIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada kesempatan itu, Budi menyebutkan salah satu potensi bencana alam yang terjadi ialah banjir di jalan-jalan strategis, baik jalan tol maupun arteri. Kondisi tersebut diakui sempat terjadi pada 2020 silam hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan tol.

“Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya resiko banjir. Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja,” ujar Budi membandingkan risiko yang bisa dialami pada masa libur kali ini.

2. Pengelola jalan tol diminta membersihkan gorong-gorong

Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat NataruIlustrasi pembangunan gorong-gorong. Humas PDAM Kota Balikpapan

Kementeriannya juga telah berkoordinasi dengan pihak lainnya seperti kepolisian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga maupun unsur terkait lainnya. Kerja sama antarlembaga tersebut diharapkan dapat mengantisipasi kepadatan hingga menanggulangi risiko banjir.

Budi turut membahasnya dalam rapat koordinasi di Kantor Jasa Marga Tol Japek. “Untuk menanggulangi cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan resiko banjir di jalan tol, upaya yang dilakukan yaitu membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa pembuatan hujan,” ujarnya.

3. Saluran air di Tol Cipali dibersihkan setelah ada genangan

Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat Natarudok Astra Tol Cipali

Pengecekan saluran air atau drainase dilakukan Astra Infra selaku pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Kegiatan itu dilakukan di kilometer 151+800 arah Jakarta setelah terjadi genangan air yang sempat memasuki saluran samping Tol Cipali pada Kamis (21/12/2022) malam lalu.

Menurut pemantauan petugas, air tersebut diduga berasal dari luapan air tanggul sawah di Desa Ujung Jaya yang berbatasan langsung dengan Jalan Tol Cipali. Tindakan yang dilakukan berupa pembuatan tanggul sementara dan pembersihan saluran air tersebut.

“Kami akan melakukan normalisasi pelebaran samping di sekitar KM 151+800 Ruas Tol Cipali untuk mengantisipasi terjadinya genangan di Tol Cipali,” kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo dalam keterangan persnya.

4. Astra mengawasi sungai-sungai yang melintasi Tol Cipali

Menhub Minta Warga Jakarta Tidak Rekreasi Keluar Kota saat NataruANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menurut Sri, curah hujan yang terjadi menjelang libur Natal dan Tahun Baru kali ini cukup tinggi. Sehingga, ia menilai tindakannya tidak cukup hanya melakukan normalisasi drainase dari inlet dan outlet, tapi juga pembersihan sedimentasi atau endapan pada box culvert.

Sebagai upaya preventif, Sri mengatakan pihaknya bersama Astra Infra Solutions (AIS) lakukan penyedotan embung di KM 150+800 arah Cirebon Ruas Tol Cipali. Tempat tersebut selama ini diakui menjadi penampungan air hujan.

“Astra Tol Cipali bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Cisanggarung, secara rutin bekerjasama melakukan normalisasi Sungai Cilalanang. Tidak hanya melakukan pemeliharaan, namun juga pemantauan dan pengawasan terhadap sungai-sungai yang melintasi Tol Cipali,” tutur Sri.

Baca Juga: Libur Nataru, 2,73 Juta Kendaraan Bakal Padati Jalan Tol

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Cipali Siapkan Contraflow

Baca Juga: Astra Tol Cipali Bersihkan Drainase Cegah Genangan Air Hujan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya