Astra Tol Cipali Bersihkan Drainase Cegah Genangan Air Hujan

Genangan air bisa memicu aquaplaning pada kecepatan tinggi

Subang, IDN Times - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Astra Tol Cipali, mengantisipasi luapan air yang terjadi akibat hujan deras belakangan ini. Mereka bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum untuk melakukan normalisasi sungai Cilalanang.

Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali, Sri Mulyo mengatakan kerja sama itu dalam program pemeliharaan, pemantauan dan pengawasan terhadap sungai Cilalanang yang melintasi Jalan Tol Cipali. “Hal ini merupakan antisipasi kami dalam menghadapi musim penghujan tiba,” katanya, Jumat (7/10/2022).

Genangan air di badan jalan diakui bisa membahayakan kendaraan yang melaju dalam kecepatan tinggi. Air hujan bahkan bisa menyebabkan aquaplaning atau berkurangnya daya tempel ban dengan jalan akibat terhalangi air.

1. Pembersihan saluran air diklaim sudah sejak lama

Astra Tol Cipali Bersihkan Drainase Cegah Genangan Air HujanIlustrasi genangan air (IDN Times/Dwi Agustiar)

Sri mengklaim program tersebut sudah rutin dilakukan sejak lama, bukan pada saat sering terjadi hujan seperti saat ini. Hal itu diakui sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pengguna jalan dan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Sejak jauh hari Astra Tol Cipali sudah melakukan pekerjaan rutin yakni normalisasi drainase, membersihkan manhole dan sistem drainase yang terdiri dari inlet dan outlet, serta pembersihan sedimentasi atau endapan pada box culvert sebagai bentuk upaya preventif dalam menghadapi musim penghujan,” tutur Sri.

2. Kondisi jalan selalu dipantau melalui kamera pemantau

Astra Tol Cipali Bersihkan Drainase Cegah Genangan Air HujanIlustrasi cctv.ifsecglobal.com

Pembersihan itu diakui tak hanya pada drainase yang melintang (crossing) maupun yang memanjang di sepanjang Jalan Tol Cipali. Selain itu, Sri memastikan jajarannya juga terus melakukan pemantauan kondisi jalan melalui kamera pengawas (CCTV).

“Pemantauan melalui CCTV yang tersebar per satu kilometer di sepanjang Tol Cipali juga merupakan salah satu upaya Astra Tol Cipali dalam mengantisipasi pencegahan luapan air di musim penghujan,” kata Sri menambahkan.

3. Kecepatan maksimal 70 kilometer per jam saat hujan

Astra Tol Cipali Bersihkan Drainase Cegah Genangan Air HujanAntara Foto/Dedhez Anggara

Menurut Sri, sinergi yang terjalin baik dengan BBWS, lembaga pemerintahan setempat, dan masyarakat merupakan salah satu kunci dan upaya Astra Tol Cipali. “Terutama, dalam meningkatkan kualitas pelayanan guna tercapainya jalan tol yang lancar, aman dan nyaman,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihak pengelola juga terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara di Jalan Tol. Seperti, mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 kilometer per jam dan maksimal 100 kilometer per jam. Sedangkan, dalam kondisi hujan, ia menyarankan kecepatan maksimal berkendara di 70 kilometer per jam.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya