Perputaran Uang Wisatawan di Purwakarta Capai Rp26 Miliar

Wisawatan paling banyak belanjakan uang untuk sate maranggi

Purwakarta, IDN Times - Perputaran uang dari kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta pada Libur Lebaran 2023 lalu mencapai Rp26,3 miliar. Uang yang dibelanjakan wisatawan diperkirakan paling banyak dari wisata kuliner khas, khususnya sate maranggi.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan nilai perputaran uang itu imbas dari peningkatan kunjungan wisatawan. “Peningkatan (kunjungan wisatawan) ini membuktikan Purwakarta berada dalam jalur yang tepat dalam membangun sektor industri pariwisatanya," katanya, Rabu (10/5/2023).

Karena itu, Anne bertekad terus meningkatkan sektor pariwisata ke depan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

1. Kunjungan terbanyak adalah ke restoran sate maranggi

Perputaran Uang Wisatawan di Purwakarta Capai Rp26 Miliardok Diskominfo Purwakarta

Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, kunjungan wisatawan saat Lebaran 2023 mencapai 263.253 orang. Mereka datang ke berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta dari wisata alam hingga kuliner.

Anne mengklaim kunjungan terbanyak memang masih ditempati restoran Sate Maranggi di Desa Cibungur Kecamatan Bungursari.

“Destinasi itu dikunjungi 68.781 wisatawan atau lebih dari 26 persen total wisatawan yang datang ke Purwakarta,” katanya menyebut jumlah tersebut belum termasuk kunjungan ke restoran sate maranggi lain.

2. Perputaran uang dari sektor pariwisata cukup besar

Perputaran Uang Wisatawan di Purwakarta Capai Rp26 MiliarIlustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Jika dari setiap wisatawan membelanjakan Rp100 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta, Anne memperkirakan perputaran uang sedikitnya mencapai Rp26,3 milyar. Nilai tersebut diakui cukup besar bagi para pelaku usaha lokal di daerahnya.

"Jumlah persisnya saya belum tahu, karena penerimaan dari sektor pariwisata selama lebaran tentu masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait. Namun yang pasti, saya sangat bersyukur bila penerimaan dari belanja para wisatawan itu bisa mengalir ke masyarakat pelaku usaha, khususnya para pelaku usaha dari UMKM," tutur Anne.

3. Taman Batu Cijanun dan Cikao Park diserbu wisatawan

Perputaran Uang Wisatawan di Purwakarta Capai Rp26 MiliarDok Cikao Park

Sementara itu, Kepala Disporaparbud Purwakarta Mochamad Ramdhan menyebutkan tiga destinasi terfavorit selama libur Lebaran 2023. Selain restoran sate maranggi, wisatawan juga berbondong-bondong mengunjungi Taman Batu Cijanun hingga mencapai 29.636 wisatawan. Selanjutnya, ke Cikao Park dengan jumlah wisatawan 20.329 orang.

"Ke depan kita ingin semua destinasi wisata di Purwakarta juga semakin meningkat kunjungan wisatawannya. Kami akan terus benahi sehingga semua destinasi wisata menjadi tujuan favorit para wisatawan yang datang dari berbagai daerah," ujar Ramdhan dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Lebaran 2023, Kunjungan Wisata ke Purwakarta Melebihi Target

Baca Juga: Lebaran 2023, Klaim JHT di BPJamsostek Purwakarta Membludak

Baca Juga: Jangan Cuma Lewat, Mudik Via Purwakarta Bisa Sambil Berwisata

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya