Memaksa Mudik, Pengendara Motor Malah Dipeluk Polisi di Karawang

Jumlah pemudik bersepeda motor meningkat signifikan

Karawang, IDN Times - Jumlah sepeda motor yang melewati pos penyekatan mudik lebaran 2021 di Kabupaten Karawang mengalami peningkatan signifikan jelang Lebaran. Kondisi itu terjadi pada Minggu (9/5/2021) hingga Senin (10/5/2021) pagi harinya.

Meskipun terdapat ribuan pemudik yang mengantre, petugas gabungan tetap melakukan pemeriksaan secara ketat. Bahkan, ada pemudik bersepeda motor yang sampai terlibat adu mulut dengan petugas.

1. Petugas kepolisian memeluk pemudik yang emosi

Memaksa Mudik, Pengendara Motor Malah Dipeluk Polisi di KarawangInstagram Satlantas Polres Karawang

Kejadian unik terjadi saat petugas menghadapi para pemudik sepeda motor di pos penyekatan mudik Tanjungpura Kabupaten Karawang, Senin (10/5/2021) pukul 01.45 dini hari. Seorang personel kepolisian memeluk seorang pengendara motor yang emosi di tengah proses pemeriksaan.

"Untuk mewujudkan suasana kondusif, petugas melakukan tindakan humanis untuk menenangkan seorang pengendara yang akan menerobos barisan petugas," kata Kepala Polisi Resor Karawang Ajun Komisaris Besar Rama Samtama dalam keterangan video di media sosial Satlantas Polres Karawang.

Tindakan petugas memeluk pemudik itu terekam dalam video singkat yang dirilis di akun resmi Satuan Lalu Lintas Polres Karawang. Setelah cukup tenang, pemudik yang bersangkutan akhirnya mengurungkan niatnya untuk mudik setelah diberikan penjelasan oleh petugas.

2. Jumlah pemudik bersepeda motor meningkat signifikan

Memaksa Mudik, Pengendara Motor Malah Dipeluk Polisi di KarawangPetugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Karawang, jumlah pemudik bersepeda motor yang diperiksa pada malam hingga pagi tadi mencapai 18.344 unit. Sebanyak 18.338 unit di antaranya diputar balik karena tak membawa persyaratan yang diminta petugas.

Peningkatan jumlah pemudik bersepeda motor sebenarnya terjadi sejak Sabtu (8/5/2021) lalu. Dari 1.640 unit yang diperiksa ada 1.445 sepeda motor yang diputarbalikan petugas.

Jumlahnya terus meningkat beberapa kali lipat pada hari berikutnya hingga 9.141 unit sepeda motor yang diputar balik dari 9.170 sepeda motor yang dicek. Hingga saat ini, sepeda motor pemudik itu terus berdatangan dari arah Jakarta.

3. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat menurun

Memaksa Mudik, Pengendara Motor Malah Dipeluk Polisi di KarawangIDN Times/Khaerul Anwar

Berbeda dengan sepeda motor, kendaraan roda empat atau lebih yang mengangkut pemudik justru mengalami penurunan. Pendataan yang dilakukan Dishub Karawang itu hanya kepada kendaraan roda empat di jalur arteri.

Sebanyak 781 unit kendaraan roda empat menjalani pengecekan di pos-pos penyekatan mudik pada Sabtu (8/5/2021) lalu. Dari jumlah tersebut, terdapat 593 unit yang diputar balik ke daerah asalnya.

Datanya terus menurun pada hari berikutnya menjadi 279 unit yang diperiksa dan 229 yang diputar balik. Hingga data tersebut diterima pada Senin (10/5/2021) siang, jumlah kendaraan roda empat yang diperiksa dan diputar balik mencapai 474 unit.

Baca Juga: 60 Ribu Kendaraan Sudah Diputar Balik di Jabar Sejak Larangan Mudik 

4. Polisi menyangkal ada penerobosan pos penyekatan mudik di Karawang

Memaksa Mudik, Pengendara Motor Malah Dipeluk Polisi di KarawangPemerintah larang mudik, petugas berjaga di salah satu wilayah Banten untuk mengawasi pemudik. ANTARA FOTO/Fauzan

Selain video petugas yang memeluk pemudik, beredar juga video yang diduga pemudik sepeda motor menerobos pos penyekatan mudik. Namun, Kepala Satlantas Polres Karawang Ajun Komisaris Rizky Adi Saputro menyangkal video tersebut.

"Tak ada (penerobosan pos penyekatan di Karawang)," kata Rizky mengonfirmasi lewat pesan singkat. Sebelumnya, ratusan sepeda motor pemudik diakui sempat menerobos pos penyekatan mudik pada Sabtu (8/5/2021) dini hari lalu.

Baca Juga: Kapolda Jabar: Jangan Senang Dulu, Penyekatan di Pantura Berlapis!

Baca Juga: Ridwan Kamil Prediksi 400 ribu Pemudik Bakal Masuk Wilayah Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya