Jelang Persib vs Persija, Ratusan Polisi Dikerahkan di Purwakarta

Suporter dilarang melakukan sweeping ke kelompok lainnya

Purwakarta, IDN Times - Kepolisian Resor Purwakarta menyiapkan strategi pengamanan jelang pertandingan sepakbola antara Persija melawan Persib, Rabu (11/1/2023) besok. Pengamanan akan difokuskan di jalur menuju lokasi pertandingan di Stadion Gelora Lautan Api (GBLA).

Kepala Polres Purwakarta Ajun Komisaris Besar Edwar Zulkarnain mengatakan tujuannya untuk mengantisipasi tindakan anarkisme yang dilakukan penggemar kedua klub. Menurutnya, persaingan di antara kedua kelompok selama ini dikenal cukup panas di dalam maupun luar lapangan.

Untuk itu, Edwar mengaku akan mengerahkan ratusan personel. “Ratusan personel akan melakukan pengamanan jalur yang akan dilalui Persija menuju Bandung saat melintas di wilayah hukum Polres Purwakarta," katanya dalam keterangan pers, Selasa (10/1/2023).

1. Sepanjang jalur yang dilintasi tim Persija akan dijaga polisi

Jelang Persib vs Persija, Ratusan Polisi Dikerahkan di Purwakartadok Polres Purwakarta

Edwar menjelaskan, petugas kepolisian tersebut akan disebar di sepanjang jalur dari wilayah Kecamatan Bungursari hingga Kecamatan Darangdan. Mereka ditugaskan untuk mengantisipasi aksi sweeping yang dilakukan oknum suporter.

"Kami akan memantau dan antisipasi setiap jalur di wilayah hukum Polres Purwakarta yang dilalui tim Persija," kata Edwar merinci lokasi yang dijaga polisi di antaranya di rest area dan jembatan penyeberangan di jalan tol.

2. Polisi juga akan mengamankan para suporter dari kedua tim

Jelang Persib vs Persija, Ratusan Polisi Dikerahkan di PurwakartaInstagram

Selain itu, Kapolres juga menginstruksikan jajarannya untuk melakukan pengecekan di hampir seluruh titik rawan di lokasi lainnya. Langkah tersebut untuk mengantisipasi bentrokan antara dua kelompok suporter.

“Kami juga melakukan pengamanan terhadap suporter baik itu Bobotoh Persib maupun The Jakmania di Kabupaten Purwakarta agar tidak melakukan tindakan anarkistis pada saat laga tersebut," tutur Edwar.

3. Para pendukung Persib dan Persija dilarang lakukan sweeping

Jelang Persib vs Persija, Ratusan Polisi Dikerahkan di PurwakartaTwitter/@Persija_Jkt

Pertandingan antara Persib melawan Persija kali ini diketahui merupakan laga tunda pada ajang Liga 1 2022-2023. Pertandingan tersebut dijadwalkan pada esok hari di Stadion GBLA Kota Bandung yang merupakan kandang tim Persib.

Edwar mengimbau masyarakat Kabupaten Purwakarta tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat menonton pertandingan secara langsung maupun lewat televisi. “Jangan melakukan sweeping kepada suporter dari klub lainnya,” katanya menegaskan.

Baca Juga: Polres Purwakarta Wajibkan Seluruh Anggota Belajar di Pondok Pesantren

Baca Juga: Purwakarta Diterjang 198 Bencana Alam Selama 2022 Akibat Cuaca Ekstrem

Baca Juga: Laga Persib vs Persija Tanpa Pengawalan Polisi di Dalam Stadion GBLA 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya