Laga Persib vs Persija Tanpa Pengawalan Polisi di Dalam Stadion GBLA 

Pertandingan kedua tim selalu panas 

Bandung, IDN Times - Jajaran kepolisian dari Polda Jawa Barat melakukan apel persiapan jelang laga Persib melawan Persija. Pertandingan kedua tim bakal dilakukan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (11/1/2023).

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo menuturkan, kepolisian telah menyiapkan sejumlah skema pengamanan agar pertandingan tersebut berjalan lancar. Sesui aturan dalam peraturan polisi (Peprol) Nomor 10 tahun 2022, polisi nantinya tidak akan berjaga di dalam stadion, atau ring 1.

"Zona 1 otoritas kewenangan penuh ada di panitia penyelengara, di mana di dalamnya ada Exco PSSI," kata Ibrahim, Senin (9/1/2023).

1. Polisi baru ada di zona 2 stadion

Laga Persib vs Persija Tanpa Pengawalan Polisi di Dalam Stadion GBLA Ilustrasi pertandingan Persib di Stadion GBLA. (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain panpel, akan ada stewards officer atau pihak yang ditunjuk oleh penyelenggara pertandingan untuk membantu pelayanan dan keselamatan serta keamanan dalam laga Persib vs Persija.

Polisi baru akan berjaga dalam zona 2 di luar stadion. Ketika ada kejadian di dalam lapangan maka nantinya stewards bakal berkoordinasi untuk mengambil keputusan.

"Atau mungkin penyampaian terlebih dahulu kepada steward untuk meminta bantuan, kemudian pihak kepolisian akan menindaklanjuti sesuai dengan permintaan steward tersebut," kata dia.

2. Tak ada pendukung Persija dalam laga ini

Laga Persib vs Persija Tanpa Pengawalan Polisi di Dalam Stadion GBLA Ilustrasi Jakmania. (Istimewa)

Ibrahim pun memastikan pertandingan ini tidak akan dihadiri oleh pendukung Persija Jakarta atau The Jakmania. Hanya pendukung Persib Bandung yang diperbolehkan masuk ke dalam stadion.

Untuk personel yang dipersiapkan, ada sekitar 1.700 orang dari berbagai satuan. Penggunaan personel bakal dioptimalkan mulai dari zona 2 hingga akses menuju Stadion GBLA.

"Polisi juga bersiap di posnya untuk kekuatan cadangan apabila ada kondisi yang harus dilaksanakan," ungkap Ibrahim.

3. Pengaturan lalu lintas dioptimalkan hindari kemacetan

Laga Persib vs Persija Tanpa Pengawalan Polisi di Dalam Stadion GBLA Masjid Al Jabbar (jabarprov.go.id)

Terkait keberadaan Masjid Al Jabbar yang juga menarik minat masyarakat berdatangan ke kawasan dekat GBLA, Ibrahim memastikan kepolisian sudah menyiapkan skema agar tidak ada bentrok masyarakat.

"Memang kami sudah ada pengaturan lalu lintas yang kita atur di tempat tersebut sering terjadi kemacetan," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya