Purwakarta Diterjang 198 Bencana Alam Selama 2022 Akibat Cuaca Ekstrem

BMKG prediksi cuaca ekstrem masih terjadi sepekan ke depan

Purwakarta, IDN Times - Sebanyak 198 bencana alam terjadi di wilayah Kabupaten Purwakarta sepanjang 2022 lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mencatat kejadian paling banyak adalah longsor dan pergerakan tanah.

Kepala BPBD Purwakarta, Juddy Herdiana menyebutkan kejadian tanah longsor dan pergerakan tanah tahun lalu mencapai 48 kali. “Dari total kejadian tersebut, ada satu orang korban jiwa di Cisaladah,” katanya, Kamis (5/1/2023).

Kejadian itu belum termasuk dengan tembok penahan tebing dan bangunan yang ambruk sebanyak 25 kali sepanjang tahun lalu. Dari data tersebut, Juddy menyimpulkan bahwa risiko bencana alam paling besar di Purwakarta adalah tanah longsor dan pergerakan tanah.

1. Wilayah paling banyak bencana alam di Purwakarta

Purwakarta Diterjang 198 Bencana Alam Selama 2022 Akibat Cuaca EkstremIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

BPBD juga melakukan penanganan dampak bencana alam yang terjadi di Purwakarta sepanjang 2022. Seperti, angin kencang dan puting beliung sebanyak 19 kali, pohon tumbang sebanyak 15 kali, banjir sebanyak sembilan kali dan kebakaran hutan atau lahan dua kali.

“Jumlah kejadian paling banyak terjadi di Kecamatan Bojong, ada 36 kali. Bencana tersebut didominasi longsor dan pergerakan tanah sebanyak 23 kali serta bangunan ambruk enam kali,” tutur Juddy, merinci.

2. Bencana alam di Purwakarta dipicu cuaca ekstrem

Purwakarta Diterjang 198 Bencana Alam Selama 2022 Akibat Cuaca EkstremIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Penyebab tanah longsor dan pergerakan tanah diduga karena kondisi geografis daerahnya yang berbukit ditambah dampak dari cuaca ekstrem. Sedangkan, di wilayah perkotaan dan dataran rendah di Purwakarta yang relatif rata, berisiko mengalami pohon tumbang dan dampak dari angin kencang lainnya.

“Pohon tumbang sering terjadi di wilayah kota sebanyak sembilan kali tahun lalu,” kata Juddy. Pohon tumbang dan angin puting beliung juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Pasawahan, Sukatani dan lainnya meskipun tidak sebanyak di Kecamatan Purwakarta.

3. Cuaca ekstrem diprediksi terjadi sepekan ke depan

Purwakarta Diterjang 198 Bencana Alam Selama 2022 Akibat Cuaca EkstremRuang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, Kabupaten Purwakarta dinyatakan berisiko terdampak cuaca ekstrem hingga sepekan ke depan (5-11 Januari 2023). Prediksi tersebut diumumkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan persnya.

Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Indra Gustari juga menyampaikan sejumlah rekomendasi. “(Pertama) memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan,” katanya secara tertulis.

Baca Juga: Jadi Nama Jalan di Purwakarta, Siapa Syeikh Baing Yusuf?

Baca Juga: Longsor Maut di Purwakarta, Dedi Mulyadi Relokasi Keluarga Korban

Baca Juga: Dilewati 3 Sesar Sekaligus, Purwakarta Baru Akan Kaji Risiko Bencana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya