Comscore Tracker

Investasi Masuk ke Purwakarta Sentuh Rp8,78 Triliun, Apa Dampaknya?

Bupati Purwakarta minta pelayanan perizinan terus dipercepat

Purwakarta, IDN Times - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengklaim realisasi investasi di daerahnya melampaui target. Pencapaian itu pun diyakini akan berdampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja dan perekonomian masyarakat secara umum.

"Pertumbuhan tersebut juga berdampak terhadap jumlah tenaga kerja yang diserap secara year on year tumbuh 137,85 persen, dari 3.287 orang pada tahun 2021 menjadi 7.818 orang pada tahun 2022," tutur Anne dalam keterangan persnya, Selasa (17/1/2023).

Menurutnya, sampai dengan triwulan keempat 2022 atau hingga 15 Januari 2023, investasi mencapai Rp 8,78 triliun. Sedangkan, target Badan Koordinasi Penanaman Modal mencapai Rp 5,88 triliun sehingga kenaikannya sekitar 149,26 persen.

1. Investasi di Purwakarta didominasi investor asing

Investasi Masuk ke Purwakarta Sentuh Rp8,78 Triliun, Apa Dampaknya?ilustrasi investor Dubai (pexels.com/aydinmutlu)

Realisasi investasi itu terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Dalam Negeri (PMDN). Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta melansir data tersebut dalam Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

Pada periode Oktober-Desember 2022, angkanya mencapai Rp 3,03 triliun, yang terdiri dari PMA sebesar Rp 2,61 triliun dan PMDN sebesar Rp 0,42 triliun. “Sedangkan, pada Januari-Desember 2022 nilainya mencapai Rp 8,78 triliun yang terdiri dari PMA sebesar Rp 6,36 triliun (72,55 persen) dan PMDN sebesar Rp 2,40 triliun (27,45 persen),” ujar Anne.

2. Investasi tahunan di Purwakarta tumbuh 85,54 persen

Investasi Masuk ke Purwakarta Sentuh Rp8,78 Triliun, Apa Dampaknya?ilustrasi perizinan (pexels.com/@Ron_Lach)

Sementara itu, berdasarkan data LKPM yang disampaikan pelaku usaha, realisasi investasi secara tahunan (Year on Year) di Kabupaten Purwakarta mengalami pertumbuhan. Nilai pertumbuhan itu sekitar 85,54 persen dari Rp 4,73 triliun pada 2021 menjadi Rp 8,78 triliun pada 2022.

Lebih lanjut, Bupati mengklaim pencapaian tersebut merupakan hasil implementasi pelayanan perizinan berusaha. “Para pelaku usaha mendapatkan kemudahan dan kepastian setelah pelayanan tersebut terintegrasi secara elektronik melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA),” ujarnya.

3. Peran Mal Pelayanan Publik dan Gerai Pelayanan Publik

Investasi Masuk ke Purwakarta Sentuh Rp8,78 Triliun, Apa Dampaknya?Dok Diskominfo Purwakarta

Tak hanya pelaku usaha besar, Anne menyebutkan pelayanan itu juga menyasar pelaku usaha mikro kecil menengah. Menurutnya, mereka juga bisa terbantu oleh Mal Pelayanan Publik Bale Madukara di pusat kota dan Gerai Pelayanan Publik Teras Madukara di empat kecamatan seperti Jatiluhur, Plered, Campaka dan Wanayasa.

“(Keberadaannya) meningkatkan kemudahan akses pelaku usaha terhadap pelayanan perizinan berusaha, potensi investasi dan penyelesaian permasalahan (problem solving) dalam merealisasikan kegiatan usahanya," tutur Anne.

4. Pelayanan perizinan berusaha dipercepat hadapi resesi

Investasi Masuk ke Purwakarta Sentuh Rp8,78 Triliun, Apa Dampaknya?Ilustrasi Resesi (IDN Times/Arief Rahmat)

Anne berpesan DPMPTSP untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan perizinan berusaha dan iklim penanaman modal menghadapi ancaman resesi ekonomi di masa mendatang. Ia mendorong berbagai pendekatan dan inovasi kepada investor eksisting mereka merasa aman dan nyaman dalam menjalankan kegiatan usahanya.

"Untuk kepentingan masuknya investasi tersebut, para pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta diminta terus melakukan percepatan dan peningkatan peran dan fungsi pemerintah dalam pembangunan dan melaksanakan pelayanan publik," kata Anne mengakhiri pernyataannya.

Baca Juga: Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Diminati Warga Purwakarta

Baca Juga: Jumlah CCTV di Purwakarta Ditambah untuk Cegah Kriminalitas

Baca Juga: Jadi Nama Jalan di Purwakarta, Siapa Syeikh Baing Yusuf?

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya