Ibu PKK Cibeber Olah Buah Manggis Jadi Teh dan Sirup Bernilai Ekonomis

Produk olahan manggis Purwakarta memiliki banyak khasiat

Purwakarta, IDN Times - Sekitar 30 persen hasil produksi buah manggis dari Purwakarta sudah diekspor ke berbagai negara. Sedangkan, sebagian besar lainnya hanya dipasarkan di dalam negeri karena tidak memenuhi kualitas ekspor.

Namun, keuntungan para petani dari penjualan buah manggis di pasar domestik memang tidak sebanyak keuntungan dari ekspor. Sehingga, mereka dituntut untuk meningkatkan keuntungan dengan mengolah buah manggis menjadi berbagai produk.

Praktik pengolahan buah manggis itu pun dilakukan ibu-ibu penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

“Kami membuat teh kulit manggis dan sirup buah manggis siap minum,” kata Sekretaris PKK Cibeber, Ayu Nurmalasari, Kamis (16/3/2023).

1. Warga dilatih mengolah manggis oleh mahasiswa

Ibu PKK Cibeber Olah Buah Manggis Jadi Teh dan Sirup Bernilai Ekonomispixabay.com

Pengolahan buah manggis di desa tersebut memanfaatkan buah yang tidak lolos penyortiran untuk ekspor. Ayu mengakui gagasan untuk memproduksi teh dan sirup manggis muncul dari para mahasiswa Universitas Trisakti.

“Mereka membuat pelatihan saat KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Cibeber tahun lalu. Kami baru mulai produksi sekitar November 2022,” tutur Ayu.

Setelah melalui rangkaian percobaan, mereka pun akhirnya memutuskan untuk menjual produknya.

2. Teh dan sirup manggis diklaim memiliki banyak khasiat

Ibu PKK Cibeber Olah Buah Manggis Jadi Teh dan Sirup Bernilai EkonomisIDN Times/Abdul Halim

Selain memberikan pelatihan, Ayu mengatakan dosen dari perguruan tinggi yang sama juga membantu menguji produk tersebut di laboratorium.

“Setelah diuji ternyata teh dan sirup manggis ini juga memiliki khasiat yang bagus,” katanya.

Ayu menyebutkan khasiat dari produk manggis olahannya sama seperti saat buahnya dikonsumsi secara langsung. Di antaranya, mencegah risiko penyakit kanker, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu program diet.

3. Sirup buah manggis dibuat tanpa tambahan pengawet

Ibu PKK Cibeber Olah Buah Manggis Jadi Teh dan Sirup Bernilai EkonomisAbdul Halim/IDN Times

Pembuatan produk teh kulit manggis dan sirup buah manggis di desa tersebut diklaim menggunakan bahan-bahan alami alami. “Tanpa tambahan bahan pengawet dan pemanis buatan,” ujar Ayu menambahkan.

Proses pembuatannya juga dinilai cukup mudah. Untuk sirup buah manggis, Ayu menjelaskan caranya cukup dengan memblender buah dengan mesin ditambah gula secukupnya.

Kemudian, jus buahnya dipanaskan dalam waktu tertentu.

Produk sirup buah manggis buatan ibu-ibu PKK di Desa Cibeber itu cukup praktis. Pembeli bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa menambahkan lagi air tawar seperti halnya produk sirup lain.

4. Cara membuat teh kulit manggis yang sangat praktis

Ibu PKK Cibeber Olah Buah Manggis Jadi Teh dan Sirup Bernilai Ekonomisklikdokter.com

Sementara itu, proses pembuatan teh kulit manggis diawali dengan pemilihan kulit berdasarkan standar kualitas tertentu. Kemudian, kulit tersebut dipotong-potong tipis sebelum akhirnya dijemur hingga kering.

“Pemilihan kulit manggisnya ini yang tidak bisa sembarangan. Kami tidak menggunakan kulit manggis yang asal-asalan,” ujar Ayu.

Ia mengatakan, seluruh tahapan produksi kedua produk tersebut dikerjakan oleh masing-masing lima orang ibu-ibu anggota PKK.

Baca Juga: 2 Ton Manggis Gratis Dibagikan di Festival Manggis Purwakarta 2023

Baca Juga: Ramaikan! Festival Buah Manggis Purwakarta 2023 Digelar Besok

Baca Juga: Panen Manggis Khas Purwakarta Tak Lagi Mulus Usai Lewati Puncak Siklus

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya