Ramaikan! Festival Buah Manggis Purwakarta 2023 Digelar Besok

Buah manggis khas Purwakarta diminati warga berbagai negara

Purwakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Purwakarta kembali mengadakan Festival Manggis pada tahun ini. Acara tersebut akan digelar pada Sabtu (11/3/2023) besok di Kebon Ambu, Kampung Parakan Garokgek, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes.

Kegiatan tersebut sekaligus pelepasan ekspor manggis ke wilayah China. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan permintaan buah manggis dari sana mencapai 500 ton per tahun.

Ia pun berharap prestasi tersebut dapat menginspirasi desa dan kecamatan lainnya. "Ke depan, harus makin banyak produk-produk desa-desa dari Purwakarta yang bisa menembus pasar nasional bahkan pasar internasional," katanya, Jumat (10/3/2023).

1. Buah manggis Purwakarta diekspor ke berbagai negara

Ramaikan! Festival Buah Manggis Purwakarta 2023 Digelar BesokAbdul Halim/IDN Times

Anne mengklaim permintaan buah manggis di pasar global masih sangat tinggi. Mulai dari negara-negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Asia Pasifik hingga beberapa negara di Benua Eropa.

“Bahkan, di beberapa negara timur tengah, manggis merupakan buah-buahan wajib dikonsumsi setelah makan karena buah tersebut kaya akan manfaat," ujar Anne. Karena itu, ia pun mengajak para petani buah manggis untuk terus menjaga kualitas.

2. Produksi buah manggis Purwakarta belum maksimal

Ramaikan! Festival Buah Manggis Purwakarta 2023 Digelar BesokIDN Times/Abdul Halim

Namun, produksi buah manggis di Kabupaten Purwakarta selama ini sebenarnya belum optimal. Dari total pohon manggis yang ada sekitar 166.268 pohon di lahan seluas 1.662, 68 hektare, hanya sekitar 171,58 hektare yang dinilai sudah produktif.

Bupati mengakui ada pohon belum menghasilkan seluas 846,56 hektare dan tanaman tua atau rusak sekitar 644,54 hektare. “Dari pohon yang produktif itu didapatkan hasil sebanyak 4.361,7 ton buah manggis pada tahun lalu,” kata Anne.

3. Buah manggis dari Purwakarta diklaim yang terbaik

Ramaikan! Festival Buah Manggis Purwakarta 2023 Digelar Besokbehealthy.today

Ke depannya, Anne menugaskan dinas terkait untuk terus meningkatkan produksi buah manggis. “Tanaman yang rusak sedang kita perbaiki, dan tanaman yang tua di beberapa wilayah ada yang tetap kita rawat sebagai bagian dari kebutuhan oksigen bersih,” ujarnya.

Selama ini, buah manggis terbilang sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Purwakarta. Buah yang ditanam para petani di Kecamatan Wanayasa dan sekitarnya diklaim sebagai varian manggis terbaik di Indonesia dinilai dari ukuran buahnya yang relatif besar dengan diameter 4,5 sampai 5,5 sentimeter dan bobot 90-110 gram.

4. Rasanya manis segar dan tahan hampir satu bulan

Ramaikan! Festival Buah Manggis Purwakarta 2023 Digelar Besokilustrasi buah manggis (pexels.com/@quang-nguyen-vinh)

Selain tampilan buahnya, Anne menilai yang membedakan Manggis Wanayasa dengan yang lain adalah daya tahannya hingga 28 hari. Namun, yang terpenting dari tampilannya adalah rasanya yang memiliki ciri khas.

“Daging buah rasanya manis segar serta memiliki warna kulit buah merah keunguan,” kata Anne. Dengan berbagai keunggulan itu, buah manggis Purwakarta diakui menjadi komoditas ekspor yang diunggulkan di daerah asalnya.

Baca Juga: Produksi Manggis Khas Purwakarta Suram Dampak Cuaca Ekstrem

Baca Juga: Panen Manggis Khas Purwakarta Tak Lagi Mulus Usai Lewati Puncak Siklus

Baca Juga: Fakta Menarik Buah Manggis, Kulitnya Memiliki Segudang Khasiat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya