Hati-hati! Jalan di Subang dan Purwakarta Ini Rawan Longsor saat Hujan

Material longsor sempat memutus jalur sepeda motor dan mobil

Subang, IDN Times - Hujan lebat yang terjadi selama beberapa hari ini menyebabkan tanah longsor di wilayah Kabupaten Subang dan Purwakarta. Kejadian tersebut bahkan sempat memutus akses kendaraan seperti di Jalan Cirangkong-Cijambe, Kabupaten Subang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Subang, Udin Jazudin memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam longsor tersebut. Untuk mengantisipasi korban, BPBD Subang mengimbau masyarakat untuk menghindari jalur tersebut karena dinilai rawan longsor terutama pada saat hujan.

Udin memperkirakan hujan masih akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. "Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati saat berkendara karena memang cuaca akhir-akhir ini sedang buruk," katanya, Selasa (28/2/2023).

1. Hujan lebat diduga menyebabkan tanah longsor kali ini

Hati-hati! Jalan di Subang dan Purwakarta Ini Rawan Longsor saat Hujantetesan hujan atau rain drops (pexels.com/Pixabay)

BPBD Subang mendapatkan laporan longsor kali ini pada Senin (27/2/2023) kemarin. Menurutnya, longsor kali ini disebabkan dua faktor, yakni hujan ditambah dengan kondisi tanah yang labil.

"Penyebabnya memang hujan deras dengan intensitas tinggi,” ujar Udin. Akibatnya, ruas jalan yang berada di Kampung Aul Banjar Hilir itu tidak bisa dilalui warga sama sekali karena tertutup material longsor.

2. Longsor terjadi bersamaan dengan pohon tumbang

Hati-hati! Jalan di Subang dan Purwakarta Ini Rawan Longsor saat Hujandok BPBD Subang

Di lokasi itu juga terdapat pohon yang tumbang bersamaan dengan longsor tersebut. “Pohon tumbang yang menutup akses jalan, material serta tanah longsor juga menutup akses jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat," ujar Udin.

Komposisi campuran pohon dan lumpur itu pun diakui cukup menyulitkan petugas yang akan membersihkan material longsor dari permukaan jalan. Proses pembersihan material longsor berlangsung selama seharian kemarin.

3. Longsor merusak dua ruas jalan di wilayah Purwakarta

Hati-hati! Jalan di Subang dan Purwakarta Ini Rawan Longsor saat Hujandok BPBD Purwakarta

Sementara itu, tanah longsor juga dilaporkan merusak jalan di Kabupaten Purwakarta. Tepatnya, Jalan Citalang-Pasawahan di Desa Warungkadu, Kecamatan Pasawahan, dan Jalan Wangunsari, Kecamatan Darangdan.

Akibatnya, sebagian badan Jalan Citalang-Pasawahan ambles sehingga kendaraan roda empat harus melintasi lokasi secara bergantian. Sedangkan, di Jalan Wangunsari kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa melintasinya sama sekali karena kerusakannya yang parah.

Kepala BPBD Purwakarta Juddy Herdiana memastikan tidak ada korban dalam kejadian tersebut. “Namun, pengguna jalan diharapkan waspada dan berhati-hati saat melintasi jalan tersebut,” katanya mengimbau.

Baca Juga: Mohon Perhatian! Banjir di Langgensari Subang Sudah Sebulan

Baca Juga: Kerap Banjir, Warga Subang Tunggu Menteri PUPR Bangun Embung

Baca Juga: Temui IMI Jabar, Bupati Purwakarta Wacanakan Bangun Sirkuit

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya