Eceng Gondok dan Cuaca Ekstrem Ancam Wisata Waduk Jatiluhur

Satpolairud tidak larang wisatawan berlayar, asal ikuti SOP

Purwakarta, IDN Times - Perahu yang terjebak di tengah hamparan tanaman eceng gondok kembali terjadi di Waduk Djuanda, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Kondisi ini menjadi ancaman bagi wisatawan yang akan berlibur saat libur Tahun Baru 2023.

Kepala Polisi Resor Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Edwar Zulkarnain mengakui tanaman tersebut saat ini kembali bertambah banyak. Selain itu, cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang juga membuat eceng gondok cepat berkumpul di satu area.

Akibatnya, satu perahu dilaporkan terjebak selama beberapa jam di tengah bendungan. “Untungnya, Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Purwakarta berhasil mengevakuasi perahu pengangkut pakan ikan usai terjebak dalam kumpulan eceng gondok,” kata Erwar, Kamis (29/12/2022).

1. Proses evakuasi perahu terkendala banyaknya eceng

Eceng Gondok dan Cuaca Ekstrem Ancam Wisata Waduk Jatiluhurdok Polres Purwakarta

Menurut Kepala Satpolairud Ajun Komisaris Jajang Sukandar, proses evakuasi perahu kali ini sempat terkendala. Ia mengakui, perahu petugas kesulitan membuka jalur untuk mencapai lokasi perahu yang terjebak itu.

“Tadi memang eceng gondok sangat banyak, jadi perahu kami tidak bisa mundur. Setelah berhasil evakuasi, kami harus memutar jalan," kata Jajang dalam keterangan persnya. Ia menyebutkan proses evakuasi tersebut berlangsung kurang lebih dua jam lamanya.

2. Warga masih memaksakan berlayar saat cuaca buruk

Eceng Gondok dan Cuaca Ekstrem Ancam Wisata Waduk JatiluhurDok Kantor SAR Bandung

Pihak kepolisian mengimbau masyarakat pengguna perahu untuk berhati-hati saat berlayar di tengah cuaca buruk. Mereka pun diminta tidak memaksakan diri untuk melewati perairan Waduk Jatiluhur apabila terdapat kumpulan tanaman eceng gondok di sekitarnya.

"Warga jangan memaksakan melintas di kumpulan eceng gondok dikarenakan dapat menghambat laju perahu yang mengakibatkan mesin trouble, terlebih berlayar di malam hari," tutur Jajang, menyesalkan masih ada saja warga yang tidak memaksakan untuk berlayar saat cuaca buruk.

3. Perahu yang membawa wisatawan diminta ikuti SOP

Eceng Gondok dan Cuaca Ekstrem Ancam Wisata Waduk JatiluhurDok Kantor SAR Bandung

Jajang menegaskan, perahu yang terjebak di Waduk Jatiluhur kali ini bukan perahu angkutan wisatawan. Perahu tersebut membawa barang-barang perniagaan. Untungnya, kejadian itu dapat segera diketahui sehingga perahu tersebut hanya terjebak beberapa jam pada siang hari.

Meskipun sudah ada perahu yang terjebak akibat eceng gondok, Jajang mengaku tidak melarang wisatawan untuk berlayar di Waduk Jatiluhur pada libur akhir tahun ini.

“Tidak (dilarang), hanya saja ikuti SOP (Standar Operasional Prosedur),” katanya, menegaskan.

Baca Juga: Kejuaraan Aquabike Dunia Akan Digelar di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Baca Juga: Jadi Nama Jalan di Purwakarta, Siapa Syeikh Baing Yusuf?

Baca Juga: Air Mancur Sampai Kirana Idol Meriahkan Malam Tahun Baru di Purwakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya