Air Mancur Sampai Kirana Idol Meriahkan Malam Tahun Baru di Purwakarta

Pemerintah daerah sediakan ribuan tiket masuk gratis

Purwakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan menggelar pertunjukkan air mancur raksasa di Taman Sri Baduga pada malam pergantian tahun 2022-2023, Sabtu (31/12/2022). Pertunjukkan itu digelar untuk menarik kunjungan wisatawan dari luar daerah.

Wahana yang menjadi salah satu ikon pariwisata di Purwakarta itu sempat ditutup selama beberapa tahun akibat kerusakan dan pandemi COVID-19. Pemerintah sempat beberapa kali mengoperasikannya dengan kapasitas penonton yang terbatas.

Wahyu Wibisono selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta memastikan pertunjukkan kali ini masih tanpa dipungut tarif masuk atau gratis.

“Masyarakat yang ingin menontonnya bisa mendapatkan tiket gratisnya secara online (daring) maupun offline (luring),” ujarnya, Selasa (20/12/2022).

1. Ribuan tiket masuk Taman Sri Baduga disediakan gratis

Air Mancur Sampai Kirana Idol Meriahkan Malam Tahun Baru di PurwakartaFacebook Anne Ratna Mustika

Pada momentum kali ini, Wibi mengaku masih membatasi jumlah pengunjung ke dalam kawasan taman yang dikenal juga dengan nama Situ Buleud itu. “Khusus untuk malam tahun baru akan disediakan maksimal 3.000-3.500 tiket,” katanya.

Kuota penonton yang diizinkan masuk itu di bawah kapasitas tempat sebanyak 5.000 orang untuk dua sesi pertunjukkan. Keputusan untuk membatasi jumlah penonton itu diakui sesuai hasil keputusan rapat persiapan perayaan malam tahun baru bersama seluruh pemangku kebijakan terkait.

2. Acara dimeriahkan penyanyi Indonesian Idol dan Rising Star

Air Mancur Sampai Kirana Idol Meriahkan Malam Tahun Baru di PurwakartaKirana Anandita (instagram.com/kirana_ananditaa)

Wibi menjelaskan pengambilan tiket secara daring dilakukan melalui aplikasi Ogan Lopian milik pemerintah daerah. Mengingat jumlahnya yang terbatas, masyarakat yang ingin menontonnya diharapkan untuk segera mendaftarkan diri ke aplikasi tersebut.

Di dalam Taman Sri Baduga juga akan dimeriahkan penampilan penyanyi lokal kebanggaan daerahnya yang sempat masuk finalis ajang pencarian bakat di televisi nasional.

“Yaitu, Kirana Indonesian Idol dan Rizki dari Rising Star,” kata Wibi.

Selain itu, Disporabudpar juga berencana menggelar rangkaian acara lain di pusat kota. Mulai dari doa bersama hingga pertunjukkan seni budaya di Panggung Taman Surawisesa yang terletak di samping Taman Sri Baduga.

3. Kunjungan wisatawan ditargetkan mencapai 1,5 juta orang

Air Mancur Sampai Kirana Idol Meriahkan Malam Tahun Baru di PurwakartaIlustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Wibi menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke Purwakarta tahun ini meningkat drastis dibandingkan tahun lalu. Ia menjelaskan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerahnya mencapai 795.140 orang pada 2021.

Sedangkan, kunjungan yang tercatat pada Januari-Oktober 2022 saja sudah lebih dari satu juta wisatawan.

“Mudah-mudahan bisa tercapai target di akhir tahun 2022 sebanyak 1,5 juta wisatawan,” ujarnya optimistis.

4. Pengamanan selama libur Natal dan Tahun Baru di Purwakarta

Air Mancur Sampai Kirana Idol Meriahkan Malam Tahun Baru di PurwakartaANTARA FOTO/Reno Esnir

Sementara itu, Kepala Polisi Resor Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengaku telah mempersiapkan sejumlah strategi pengamanan selama masa liburan kali ini. Salah satunya, melalui Operasi Lilin Lodaya 2022 yang melibatkan unsur gabungan lintas sektor.

Para personel itu nantinya akan disebar ke lokasi dan waktu yang strategis. "Kondisi jalur juga diperiksa agar nyaman dan siap dilalui masyarakat yang akan berlibur maupun berwisata ke kampung halaman hingga ke objek wisata di Kabupaten Purwakarta,” kata Edwar.

Baca Juga: Harga Ayam Potong Naik Signifikan Jelang Natal di Purwakarta

Baca Juga: Pertunjukkan Perdana Air Mancur Raksasa di Purwakarta Digelar Terbatas

Baca Juga: Kejuaraan Aquabike Dunia Akan Digelar di Waduk Jatiluhur Purwakarta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya