Buka Puasa dengan Es Kelapa, 23 Warga Purwakarta Malah Keracunan

Para korban masih ada yang dirawat di Puskesmas Maniis

Purwakarta, IDN Times -  Puluhan warga di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta mengalami keracunan makanan. Mereka diduga mengonsumsi es kelapa muda untuk berbuka puasa yang dijual oleh salah seorang warga di Kampung Cijaha, Desa Sirnagalih, Kecamatan Maniis.

Kepala Polisi Resor Purwakarta Ajun Komisaris Besar Edwar Zulkarnain mencatat jumlah korban sampai saat ini mencapai 23 orang. “Sebagian ada yang dirawat di Puskesmas Maniis dan ada juga dirawat oleh bidan di rumah masing-masing," katanya, Kamis (20/4/2023).

Menurut pendataan petugas kepolisian, para korban itu berasal dari tiga desa di Kecamatan Maniis. Yakni, Desa Sinargalih, Desa Citamiang dan Desa Tegaldatar. Mereka diketahui membeli dan mengonsumsi es kelapa dari pembeli yang sama.

1. Para korban mengalami gejala keracunan yang sama

Buka Puasa dengan Es Kelapa, 23 Warga Purwakarta Malah KeracunanIlustrasi warga keracunan dirawat di Puskesmas (IDN Times/Patiar Manurung)

Para korban mengaku mengomsumsi es kelapa tersebut pada Selasa (18/4/2023). Namun, mereka mulai mengalami gejala keracunan yang sama pada keesokan harinya, Rabu (19/4/2023) hingga akhirnya ada satu keluarga yang dibawa ke Puskesmas.

“Semua anggota keluarga yang meminum es kelapa tersebut mengalami gejala demam, sakit perut, sakit kepala dan muntah-muntah," ujar Kepala Polisi Sektor Maniis, AKP Asep Nugraha dalam keterangan persnya.

2. Sejumlah korban membaik setelah dirawat intensif

Buka Puasa dengan Es Kelapa, 23 Warga Purwakarta Malah Keracunanilustrasi tiang infus di rumah sakit (pexels.com/RODNAEProductions)

Setelah mendapatkan laporan keracunan yang dialami satu keluarga di Desa Citamiang, polisi kembali mendapatkan laporan dari Puskesmas Maniis. Setelah dicek, mereka diduga korban keracunan dari makanan yang sama.

“Pihak Puskesmas Maniis memberikan laporan bahwa korban keracunan bertambah menjadi 23 orang," kata Asep. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang memerlukan perawatan intensif di Puskesmas setempat.

3. Penjual es kelapa masih diperiksa di Mapolsek Maniis

Buka Puasa dengan Es Kelapa, 23 Warga Purwakarta Malah KeracunanIlustrasi, tersangka. Shutterstock

Hingga saat ini, Asep mengatakan jajarannya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab keracunan kali ini. Termasuk, melakukan uji laboratorium terhadap sampel es kelapa yang dikonsumsi para korban.

Selain itu, Asep juga terus mengumpulkan keterangan dari korban dan saksi. “Kami juga telah memeriksa penjual es kelapa yang bernama Dadang dan kita amankan sementara di Mapolsek Maniis guna diminta keterangan," ujarnya.

Baca Juga: Ketika Ibu Hamil di Purwakarta Bantu Suami Jual Ganja Secara Online

Baca Juga: Penyegelan Tempat Ibadah GKPS Purwakarta Akan Diadukan ke Jokowi

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Keracunan Makanan saat Liburan di Luar Negeri

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya