Anak Pedangdut yang Jadi Pengedar Bermasalah di Sekolahnya

Orang tua RD tak datang saat dipanggil ke sekolah anaknya

Purwakarta, IDN Times - Pengungkapan kasus peredaran obat-obatan keras ilegal yang melibatkan anak pedangdut ternama di Purwakarta mendapatkan respons positif dari berbagai pihak. Salah satunya diapresiasi Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Menurut Kepala Disdik Purwakarta, Purwanto, penangkapan pelaku berinisial RD (15 tahun) dapat mencegah kerusakan yang muncul akibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Terutama, di kalangan generasi muda karena pelaku juga diyakini menyasar remaja seumurannya.

“Kalau tidak tertangkap malah (dampak buruknya) menyebar ke mana-mana, banyak anak-anak yang menjadi korban,” kata Purwanto dalam keterangan persnya, Rabu (15/3/2023).

Karena itu, ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Polres Purwakarta.

1. RD dinilai sebagai siswa yang bermasalah di sekolahnya

Anak Pedangdut yang Jadi Pengedar Bermasalah di SekolahnyaIDN Times/Wayan Antara

Kasus tersebut menjadi perhatian publik lantaran pelaku tercatat masih mengenyam pendidikan SMP di Purwakarta. Purwanto memastikan RD adalah pelajar kelas IX di salah satu SMP yang menjadi kewenangan pemerintah daerah setempat.

“Anak itu memang mendapatkan perhatian serius dari wali kelasnya sejak kelas VIII. Anak ini memiliki masalah, sering tidak masuk sekolah sejak kelas VIII,” kata Purwanto berdasarkan laporan dari pihak sekolah tempat pelaku belajar.

2. Orangtua RD tak datang ke sekolah apabila dipanggil

Anak Pedangdut yang Jadi Pengedar Bermasalah di SekolahnyaIlustrasi siswa SMPN dan orang tuanya. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Meskipun demikian, wali kelas RD menilai perilaku anak didiknya mulai berubah sejak ia masuk kelas IX tahun ajaran sekarang. Belakangan ini, siswa tersebut diketahui sering tertidur di kelas dan bersikap temperamental kepada teman-temannya.

Purwanto mendapatkan laporan dari pihak sekolah bahwa sebelumnya mereka sering memanggil orangtua RD yang merupakan penyanyi dangdut papan atas di Indonesia. “Sudah sering dipanggil (ke sekolah) oran tuanya, meskipun yang datang mewakilkan (orang uanya),” katanya, menyesalkan.

3. Seluruh pihak diminta tingkatkan pengawasan kepada anaknya

Anak Pedangdut yang Jadi Pengedar Bermasalah di SekolahnyaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kasus penyalahgunaan narkoba dan peredaran obat-obatan keras ilegal yang menyeret pelajar SMP di Purwakarta itu diharapkan menjadi yang terakhir.

Purwanto meminta seluruh pihak dari mulai orangtua, lingkungan hingga sekolah mengevaluasi dan meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak mereka.

“Kalau anaknya dipandang ada mempunyai kelainan masalah. Segera (dibantu diatasi), kasihan sama anaknya, segera koordinasi, konsultasi dengan gurunya. Tentunya ini harus jadi pelajaran untuk kita semuanya,” tutur Purwanto.

Baca Juga: Masih SMP, Anak Pedangdut Ternama Edarkan Obat-obatan Ilegal

Baca Juga: Sebelum Jadi Pengedar, Anak Pedangdut Ternama Gunakan Narkoba Usia 13

Baca Juga: Biodata-Profil Lilis Karlina, Artis yang Anaknya Kena Kasus Narkoba

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya